Senin, 21 Mei 2018 -

 

 

PT Telkomsel Berkomitmen Mendigitalisasai Destinasi Wisata di Sumatera

Hiburan  -  Rabu, 09 Mei 2018, 09:17 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

PT Telkomsel. ISTIMEWA

SOKSINEWS.COM, Telkomsel berkomitmen untuk mendigitalisasi berbagai destinasi wisata berkelas dunia di seluruh Indonesia termasuk Sumatera melalui program ekstrim transformation.

"Wujud dukungan Telkomsel dalam memajukkan pariwisata ini dilakukan melalui penyediaan jaringan fourth generation Long Term Evolution (4G LTE) yang andal pada destinasi pariwisata," kata Exevutive Vice Prescident Sumatera Telkomsel Paulus Djatmiko pada acara Telkomsel press gathering area Sumatera di Belitung, Rabu (9/5).

Acara Telkomsel press gathering area Sumatera di Belitung ini dihadiri oleh sekitar 60 awak media dari berbagai kalangan cetak, online yang berlangsung selama tiga hari 7-9 Mei 2018.

Paulus Djatmiko mengatakan kehadiran infrastruktur telekomunikasi sangat penting dalam menunjang potensi wisata suatu daerah, untuk itu pihaknya telah membangun sejumlah Base Transceiver Station 4G LTE baru.

"Tujuannya untuk mempermudah wisatawan yang ingin berbagi menyebarkan ekotisme Indonesia ke seluruh dunia, " tuturnya, seperti dikutip Antara.

Berbagai upaya yang dllakukan Telkomsel untuk memperkuat destinasi wisata di Sumatera antara Iain optimalisasi jaringan melalui perluasan jangkauan, penambahan kapasitas, dan peningkatan kualitas untuk kenyamanan Iayanan telekomunikasi, serta penambahan sistem transmisi dan implementasi layanan 4G LTE untuk memberikan pengalaman broadband yang berkualitas.

Di samping itu, Telkomsel juga mengerahkan mobile BTS dan menambah kapasitas jaringan untuk mendukung event berskala nasional maupun internasional di lokasi wisata prioritas.

"Kami berharap upaya da|am mendigitalisasi dunia pariwisata ini mampu menarik semakin banyak wisatawan untuk berkunjung Iangsung menikmati "Wonderful Indonesia" sehingga meningkatkan pertumbuhan ekonomi wiiayah tersebut," harap dia.

Paulus Djatmiko menyebutkan Sumatera merupakan bagian dari 10 destinasi wisata Nasional yang dicanangkan oleh Kementerian Pariwisata salah satunya Tanjung Keiayang di Bangka Belitung.

Untuk wilayah tersebut pihaknya telah membangun 110 BTS 4G LTE. Sementara untuk Danau Toba dibangun 59 BTS 4G LTE.

"Secara nasional Telkomsel teIah menggeiar 639 BTS 4G LTE di 12 destinasi wisata prioritas di Indonesia. Untuk menunjang ekosistem broadband yang dapat dimanfaatkan oleh industri pariwisata, Telkomsel telah membangun 152.000 BTS di seluruh Indonesia termasuk 103.000 BTS 3G dan 4G guna menghadirkan kenyamanan dalam menggunakan Iayanan data yang Iebih berkualitas," rincinya.

Ia menambahkan di era digital saat ini telah mengubah cara wisatawan yang akan berkunjung pertama melakukan penilaian, mencari dan meiihat informasi, memesan paket wisata yang diminati, hingga membayar secara anime.

Disamping itu, kini wisatawan juga semakin aktif daiam menggunggah fato dan video aktivitas maupun panorama di lokasi wisata ke media sosial serta aplikasi pesan instan.

"Semakin meningkatnya tingkat kebutuhan pelanggan dalam memanfaatkan layanan digital didukung infrastruktur jaringan broadband yang berkulitas menjadi modal berharga bagi Indonesia untuk bersaing secara lebih kompetitif dengan negara tetangga seperti Thailand, Malaysia, dan Singapura," imbuh Paulus.

Sementara itu Andry Firdiansyah Vice President Business Support Area Sumatera Telkomsel menjelaskan pelaksanaan Telkomsel press gathering area Sumatera tahun ke-3 ini sengaja diselenggarakan di Belitung. Karena ingin mengangkat dan mempublikasikan destinasi ini melalui awak media. Selain juga ingin menjajal dan membuktikan kemampuan jaringan Telkomsel di beberapa wilayah pulau yang jadi andalan keindahan alam Belitung.

"Semoga dengan postingan awak media yang hadir di Belitung semakin menarik wisata asing ke sini dan diharapkan mampu mendongkrak perekonomian daerah," ujar Andry.

Ia juga berharap dengan acara ini silahturahmi media dengan korkom Sumatera makin baik.

Sekedar informasi dari rangkaian perjalanan Telkomsel press gathering 60 an media disuguhi beberapa keindahan alam pulau Belitung. Mulai dari makan malam dengan cara adat Belitung dirumah panggung, lalu menyaksikan peninggalan sekolah SD Muhammadiyah yang menjadi inspirasi film "Laskar Pelangi, game hingga menjajal laut dan pulau lengkuas, pulau pasir, dan menikmati aneka makanan khas laut di Pulau Kepayang.[]

PT TelkomselDestinasi WisataSumatera

 

 

Baca Juga