Minggu, 20 Mei 2018 -

 

 

Kemenag Aceh Amati Hilal Tentukan Awal Ramadhan

Nasional  -  Selasa, 15 Mei 2018, 11:07 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Melihat hilal untuk menentukan awal puasa bagi umat Islam. ISTIMEWA

SOKSINEWS.COM, Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Aceh mengamati hilal untuk menentukan awal bulan puasa Ramadan 1439 Hijriah yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat di Jakarta.

Kepala Kemenag Aceh, Daud Pakeh di Banda Aceh, Selasa (15/5), mengatakan, pengamatan hilal akan dilakukan pihaknya di Gedung Pusat Observatorium Teungku Chiek Kuta Karang Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar.

"Hari ini (Selasa, 15/5), bertepatan 29 Sya'ban 1439 Hijriah, tim hilal kita di Lhoknga melakukan pengamatan. Hasilnya kami laporkan ke menteri agama, sebagai bahan pertimbangan dalam sidang Itsbat," ujarnya, seperti dilansir Antara.

Ia mengatakan, ada kemungkinan penetapan awal bulan suci Ramadan dilakukan secara serentak dengan organisasi Islam di Tanah Air, yakni Muhammadiyah yang jauh hari telah menetapkan Kamis, (17/5).

Akibat ketinggian hilal atau bulan masih dibawah ufuk di saat terbenam matahari, maka secara otomatis jumlah hari di bulan Sya'ban disempurnakan menjadi 30 hari.

Tapi, lanjut Pakeh, kepastian 1 Ramadan, masyarakat di Aceh diimbau tetap menunggu sidang Itsbat pemerintah yang dipimpin oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin setelah solat Magrib hari ini.

"Acara dimulai dari pukul 17.00 WIB, semua alat yang dibutuhkan untuk pengamatan nantinya akan disiapkan. Silahkan datang untuk melihat langsung untuk pembelajaran, dan terbuka untuk umum,"jelas Daud Pakeh.

Pada Maret 2018, Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menetapkan awal puasa atau 1 Ramadan 1439 Hijriyah/2018 Masehi pada Kamis, 17 Mei. Ini merujuk hasil perhitungan astronomi atau hisab yang dipedomani Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, mengatakan, penetapan soal 1 Ramadan itu agar dapat menjadi panduan bagi warga Muhammadiyah.

Panduan itu penting bagi warga Muhammadiyah untuk menyambut bulan suci Ramadan 1439 Hijriyah dan hari besar keagamaan lain.

Berdasarkan maklumat itu, 1 Syawal atau hari Idul Fitri 2018 jatuh pada Jumat, 15 Juni. Lalu 1 Zulhijah tahun ini bertepatan dengan Senin, 13 Agustus. Dengan begitu, Hari Arafah atau 9 Zulhijah bersamaan dengan Selasa, 21 Agustus.

Hari Arafah sendiri menjadi acuan umat Muslim untuk melaksanakan puasa sunah Arafah sebelum Idul Adha. Selanjutnya, Idul Adha 10 Zulhijah jatuh pada Rabu, 22 Agustus.[]

KemenagAcehHilalRamadhan 2018

 

 

Baca Juga