Jumat, 14 Desember 2018 -

 

 

Perajin Anyaman Ketupat Musiman Mulai Bermunculan

Ekonomi  -  Rabu, 16 Mei 2018, 08:39 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Anyaman Ketupat

SOKSINEWS.COM, Perajin sekaligus pedagang anyaman ketupat dari daun kelapa muda di Kota Ambon, Maluku mulai bermunculan di pasar Mardika.

Hasil pantauan yang dilansir Antara pada Rabu (15/6) pagi, terlihat para perajin anyaman ketupat menawarkan hasil kerajinan mereka kepada para pembeli yang kebanyakan kaum ibu yang sedang berbelanja keperluan lain di pasar.

"Ini kesempatan untuk untuk mendapatkan uang dengan cepat dan santai, sebab tidak kerja keras," kata Jubaida yang hari-harinya berjualan bumbu masak mulai dari cabai, bawang, tomat dan berbagai bumbu masak lainnya.

Saya bersama beberapa teman lainnya, menawarkan langsung kepada para perajin untuk menjualnya hasil kerajuinan mereka dengan mendapat sedikit upah sebagai tambahan sampingan.

Dari pada duduk-duduk sambil berjualan bumbu masak, lanjutnya, sebaiknya saya jual ketupat lagi biar ada rejeki tambahan.

Dia menjelaskan, ketupat yang dijual ini harganya Rp5.000/ikat (satu ikat 10 buah ketupat), saya menarik keuntungan hanya sebesar Rp500, tiap ikat, jadi kalau saya berhasil menjual 20 ikat bersarti sudah mendapat keuntungan Rp10.000.

"Memang menjual ketupat ini baru berlangsung hari ini, tetapi sudah mulai nampak warga menggemari, dimana sejak pagi sudah berhasil menjual tujuh kikat ketupat," ujarnya.

Mudah-mudahan hingga siang hari ada warga yang datang membeli guna keperluan di rumah.

"Pokoknya awal ini kita manfaatkan kesempatan guna mencari keuntungan, sebab besok-besok lagi sudah ada perajin atau penjual lain lagi yang bermunculan di pasar, karena ini terjadi dari tahun ke tahun," ujarnya.[]

RamadhanAnyaman KetupatAmbonMaluku

 

 

Baca Juga