Selasa, 11 Desember 2018 -

 

 

Dinkes Bogor Ingatkan Warga Jaga Kondisi Fisik Selama Ramadhan

Nasional  -  Kamis, 17 Mei 2018, 08:15 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Dinkes Bogor. dinkes.bogorkab.go.id

SOKSINEWS.COM, Dinas Kesehatan Kota Bogor mengingatkan warga yang menjalani puasa Ramadhan agar menjaga kondisi fisik agar tetap sehat dengan menyantap makanan bergizi seimbang saat berbuka dan sahur.

"Yang penting disiapkan selama bulan Ramadhan ini adalah kondisi fisik agar tetap sehat, salah satunya dengan makan makanan gizi seimbang," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor Rubaeah di Bogor, Rabu (17/5).

Dia menjelaskan upaya menjaga kondisi fisik tetap sehat sebagai hal penting agar aktivitas sehari-hari selama berpuasa tetap lancar, mengingat Ramadhan berlangsung selama musim kemarau yang akan menguras tenaga.

Ia menjelaskan tentang gizi seimbang, yakni mengonsumsi buah dan sayur lebih banyak dan minum air yang cukup selama Ramadhan.

Menurut Rubaeah, walaupun berpuasa jadwal makan dan minum berkurang, kebutuhan buah, sayur, dan air tetap diupayakan untuk dijaga.

"Makanlah manakan yang bergizi, protein tinggi, hindari makanan dengan lemak tinggi, dan karbohidrat tinggi selama Ramadhan," katanya, seperti dilansir Antara.

Rubaeah menjelaskan mengonsumsi makananan berlemak dan karbohidrat tinggi selama Ramadhan dapat merangsang gangguan pencernaan dan tenggorokan.

Selama Ramadhan, lanjutnya, kasus-kasus kesehatan yang sering terjadi pada masyarakat adalah gangguan pada pencernaan akibat pola makan yang kurang baik.

Dinkes Kota Bogor telah menyiagakan puskesmas dengan petugasnya untuk memberikan layanan kesehatan selama Ramadhan.

Ia mengatakan selama Ramadhan puskesmas tetap beroperasi seperti biasa. Hanya saja jam operasional mengalami perubahan sesuai aturan yang diterbitkan Pemkot Bogor.

"Ada pemotongan waktu operasional 30 menit dari biasanya, karena ada jam istirahat, makan, dan shalat," kata Rubaeah.[]
 

DinkesBogorRamadhan

 

 

Baca Juga