Sabtu, 15 Desember 2018 -

 

 

Dewan Kopi Sumsel Upaya Kembangkan Unggulan Daerah

Ekonomi  -  Kamis, 17 Mei 2018, 09:05 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Kopi Robusta Palembang. Foto: haluansumatera.com

SOKSINEWS.COM, Dewan Kopi Sumatera Selatan sebagai wadah untuk mengembangkan produk unggulan daerah karena potensinya cukup besar sehingga perlu dikembangkan termasuk produk hilirisasi.

Kepala Biro Ekonomi Setda Sumsel Afrian Joni di Palembang, Kamis (17/5) mengatakan, pihaknya menyambut baik atas terbentuknya Dewan Kopi Sumsel karena itu sebagai wadah untuk mengembangkan kopi daerah.

"Apalagi kopi sebagai kuliner khas daerah sehingga perlu dikembangkan mutu dan jumlahnya," ujar dia.

Sehubungan itu pihaknya menyambut baik dengan berdirinya Dewan Kopi Sumsel karena potensi kopi di daerah ini cukup besar.

Bahkan, lanjut dia, kopi khas daerah seperti Semendo, Pagaralam sudah lama dikenal sehingga itu perlu dikembangkan sehingga semakin dikenal.

"Bukan itu saja tetapi juga dengan adanya dewan kopi Sumsel akan menambah perekonomian masyarakat terutama petani," kata dia, seperti dilansir Antara.

Sementara Ketua Dewan Kopi Sumsel Zain Ismed seperti disampaikan humas Iwan Wahyudi bahwa pihaknya telah berkoordinasi sekaligus memperkenalkan dewan tersebut kepada Pemerintah Provinsi Sumsel.

Didirikannya Dewan Kopi Sumsel itu tidak lain untuk membantu petani baik dari cara yang baik menghasilkan kopi berkualitas hingga pemasarannya (hilir ke hulu) sehingga ke depannya kopi Sumsel mendapat tempat di masyarakat.

Bukan itu saja tetapi kopi Sumsel semakin dikenal hingga keluar negeri, ujar dia.

Memang, lanjut dia, pengurusan Dewan Kopi Sumsel terbentuk pada 18 April lalu dan dengan dibentuknya DKS ini dalam waktu dekat promosi kopi Sumsel akan dilakukan dengan minum kopi bersama-sama.

Sementara mengenai program jangka panjang untuk mempromosikan produk kopi hasil dari petani di Sumsel pihaknya akan membangun rumah kopi sebagai Ikon dan display produk kopi dari daerah daerah penghasil kopi seperti Pagar Alam dan Semendo, tambah dia.[]
 

Dewan Kopi SumselAfrian Joni

 

 

Baca Juga