Selasa, 25 September 2018 -

 

 

Kesibukan Lalu Lintas Awal Ramadhan di Banjarmasin Berkurang

Nasional  -  Kamis, 17 Mei 2018, 10:05 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Ilustrasi

SOKSINEWS.COM, Kesibukan lalu lintas pada jalan raya di Banjarmasin, ibukota Provinsi Kalimantan Selatan pagi awal Ramadhan 1439 Hijriah yang bertepatan 17 Mei 2018 berkurang.

Berdasarkan pantauan yang dirilis Antara Kalsel di Banjarmasin, Kamis (17/5) kepadatan atau kesibukan arus lalu lintas pada jalan raya ibukota provinsi tersebut kurang hingga pukul 09.00 wita bila dibandingkan dengan keadaan pagi hari-hari biasa sebelumnya.

Kalau hari-hari biasa sebelum awal Ramadhan 1439 H, sejak pukul 06.30 hingga 08.00 wita kepadatan atau saat kesibukan arus lalu lintas pada jalanan umum/jalan raya di "kota seribu sungai" Banjarmasin.

Kurangnya kepadatan atau kesibukan arus lalu lintas pada pagi Ramadhan 1439 H karena bertepatan libur sekolah serta jam masuk kerja bagi aparatus sipil negara (ASN) saat bulan puasa agak tinggi hari, tidak seperti biasa.

Seorang warga masyarakat, Hj Nurul (66) yang berangkat dari rumah pukul 07.00 wita dan mau ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin mengaku enak karena kurangnya kepadatan lalu lintas sehingga bisa lancar sampai tujuan.

Namun nenek dari empat cucu itu kaget setiba di RSUD Ulin, karena nomor antrean sudah angka 236 untuk pendaftaran pada BPJS Kesehatan di rumah sakit milik pemerintah provinsi (Pemprov) Kalsel tersebut.

"Rupanya masih ada orang datang pagi-pagi sekali atau lebih awal mengambil nomor antrean BPJS Kes di RSUD Ulin tersebut, untuk tindak lanjut rujukan dari hasil pemeriksaan kesehatan," demikian Nurul.

RSUD Ulin merupakan rumah sakit terbesar milik Pemprov Kalsel yang bukan saja berfungsi sebagai rumah sakit pendidikann tetapi menjadi rujukan bagi RSUD milik pemerintah kabupaten/kota (Pemkab/Pemkot) seprovinsi tersebut.

Selain RSUD Ulin, Pemprov Kalsel juga memiliki RSUD dr H Mochammad Ansari Saleh Banjarmasin, serta Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sambang Lihum di Jalan Syarkawie/Jalan A Yani km17 Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar.

Kemudian yang baru berdiri sekitar lima tahun lalu, yaitu Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Drs H Gusti Hasan Aman Banjarmasin berdekatan RSUD Ulin.

Keberadaan RSGM Gusti Hasan Aman guna menunjang Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin yang lokasinya juga berdekatan.[]
 

Lalu LintasBanjarmasinRamadhan

 

 

Baca Juga