Senin, 21 Mei 2018 -

 

 

Tingkatkan Ketersediaan Pangan, TPID Medan Buka Kedai Kita Menjaga Harga

Ekonomi  -  Kamis, 17 Mei 2018, 14:09 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Kepala Perwakilan Bank Indonesia atau BI Sumut, Arief Budi Santoso

SOKSINEWS.COM, Tim Pengendalian Inflasi Daerah atau TPID Kota Medan membuka "Kedai Kita" di Pusat Pasar Medan untuk meningkatkan ketersediaan serta menjaga stabilisasi harga bahan pokok di daerah itu.

"Di 'Kedai Kita', harga bahan pokok dijual mengacu pada harga eceran tertinggi atau HET yang ditetapkan Pemerintah," ujar Kepala Perwakilan Bank Indonesia atau BI Sumut, Arief Budi Santoso di Medan, Kamis (17/5).

Harga minyak goreng misalnya ada yang dijual Rp11.000 hingga Rp12.500 per liter, gula Rp12.00 per kg, daging kerbau beku impor Rp80.000 per kg dan beras Rp9.200 hingga Rp12.000 per kg.

Arief menegaskan, "Kedai Kita", bukan hanya untuk di momentum hari besar keagamaan seperti Ramadhan, tetapi permanen sebagai upaya pemerintah mengendalikan kestabilan harga bahan pangan utama.

"TPID Medan bahkan berencana membuka gerai lainnya di beberapa pasar khususnya yang menjadi lokasi survei Badan Pusat Statistik (BPS)," katanya, seperti dilansir Antara.

Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin menyebutkan, "Kedai Kita" diharapkan bisa menjaga kestabilan harga di pasar yang otomatis bisa mengendalikan angka inflasi.

Dzulmi Eldin menyebutkan, dengan adanya "Kedai Kita" maka ketersediaan bahan pokok di pasar juga semakin banyak dan masyarakat memiliki banyak pilihan untuk tempat berbelanja.

Dengan harga yang stabil, maka daya beli diharapkan akan meningkat dan inflasi bisa ditekan yang akhirnya akan mendorong pertumbuhan ekonomi Kota Medan.[]
 

TPIDMedanSumatera UtaraBank Indonesia

 

 

Baca Juga