Senin, 18 Juni 2018 -

 

 

Gubernur Sulut: Jembatan Ambruk Tidak Akan Ganggu Penyelesaian Tol Manado-Bitung

Ekonomi  -  Senin, 21 Mei 2018, 10:54 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Foto: Michelle de Jonker

SOKSINEWS.COM, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengatakan pembangunan tol Manado-Bitung terus berlanjut pascaambruknya overpass Tumaluntung, Kabupaten Minahasa Utara, pada pertengahan April 2018 lalu.

"Tidak berhenti pembangunannya, masih terus berjalan hingga saat ini, kalau jembatan ambruk (overpass) itu persoalan lain," kata Gubernur Olly di Manado, Senin (21/5).

Beberapa waktu lalu Komisi V DPR-RI telah mengunjungi lokasi pembangunan, dan merekomendasikan pembangunan tol Manado-Bitung dilanjutkan.

"Bisa dilihat langsung ke lapangan, pembangunannya masih terus berlanjut," katanya, dilansir Antara.

Sementara itu, Kasatker tol Manado-Bitung Giri Yudhono membenarkan pembangunan tol sepanjang 39 kilometer tersebut terus berproses.

"Khusus jembatan yang ambruk, dihentikan, tetapi pembangunan jembatan dan infrastruktur lainnya terus berlangsung," kata dia.

Dia menambahkan, "overpass" Tumaluntung yang ambruk beberapa waktu lalu masih akan dianalisa lebih lanjut apakah konstruksinya masih akan digunakan atau tidak.

"Besok masih ada pertemuan dengan Komite Keselamatan Konstruksi atau K3 untuk analisa teknis jembatan tersebut," ujarnya.

Pada 17 April 2018 lalu, overpass Tumaluntung ambruk dan melukai sejumlah pekerja, dan ada yang meninggal tertimpa material pengecoran dan penyanggah.

PT Wijaya Karya (Wika) Tbk menegaskan bahwa konstruksi yang runtuh adalah "overpass" akses Jl. Tumaluntung yang melintas di atas lokasi rencana Jalan Tol Manado - Bitung (underpass).

Perseroan ini mendapatkan kepercayaan untuk pekerjaan Jalan Tol Manado Bitung (STA 11+700 hingga STA 14+000) dari total 40 kilometer jalan tol yang dibangun untuk memangkas waktu tempuh kedua kota utama di Sulawesi Utara itu.

"Sejak Senin (16/4) pukul 22.00 WITA telah dilaksanakan pembangunan overpass (2 slab) di Desa Tumaluntung, Minahasa Utara (STA 13+600) dengan spesifikasi panjang bentang 36 meter dan lebar 10 meter sebagai penghubung atau akses Jl. Tumaluntung," tulis siaran pers itu.

Pekerjaan ini kemudian akan diikuti dengan pekerjaan konstruksi "underpass" Jalan Tol Manado Bitung.

Pada Selasa (17/4) pukul 13.58 WITA, pekerjaan pengecoran insitu pada salah satu slab, tiba-tiba runtuh, padahal, salah satu slab dengan spesifikasi dan metode kerja yang sama telah berhasil dibangun.[]

GubernurSulawesi UtaraOlly Dondokambey

 

 

Baca Juga