Rabu, 19 Desember 2018 -

 

 

Fadli Zon: Pemerintah Harusnya Maksimalkan BNPT Tanggulangi Terorisme

Nasional  -  Senin, 21 Mei 2018, 13:28 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon. ISTIMEWA

SOKSINEWS.COM, Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon meminta pemerintah memaksimalkan keberadaan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dalam menanggulangi terorisme sehingga tidak perlu membentuk badan baru yang dikhawatirkan tumpang tindih kewenangan.

"BNPT harusnya diperkuat, tidak perlu ada institusi-institusi baru, jangan kebanyakan institusi namun kerjanya 'overlaping'. Karena itu tidak perlu dibentuk Koopsussgab karena terkait pelibatan TNI akan diatur dalam revisi UU Antiterorisme," kata Fadli di Jakarta, Senin (21/5).

Dia mengatakan BNPT merupakan badan yang mengkoordinasikan pemberatasan terorisme, karena di dalamnya ada personil Kepolisian, TNI dan intelijen.

Menurut dia, Kepolisian dan TNI memiliki pasukan elit yang siap dikerahkan apabila negara membutuhkan sehingga BNPT mengkoordinasikan berbagai kemampuan tersebut.

"TNI dan Polri memiliki pasukan elit yang sudah terlatih sehingga seharusnya BNPT menjadi wadah koordinasinya," ujarnya.

Fadli menilai tidak perlu dibentuk Komando Operasi Khusus Gabungan (Koopssusgab) karena pelibatan TNI dalam pemberantasan terorisme diatur dalam UU Antiterorisme yang saat ini sedang direvisi.

Menurut dia, pelibatan TNI tersebut sudah ada jalan keluarnya yaitu tergantung kepada Peraturan Presiden (Perpres).

"Kalau banyak institusi namun terorisme tetap terjadi, lalu gunanya apa? Karena menghabiskan anggaran saja," katanya.[]

Wakil Ketua DPRFadli ZonUndang Terorisme

 

 

Baca Juga