Kamis, 12 Desember 2019

 

 

Nasional Daerah

Jembatan Penghubung dua Desa di Tapanuli Utara Ambrol

Ahmad Fiqi Purba
Rabu, 23 Mei 2018 02:22 WIB

Jembatan Penghubung dua Desa di Tapanuli Utara Ambrol
Ilustrasi Jembatan Roboh

SOKSINEWS.COM, Jembatan penghubung dua desa di Tapanuli Utara, Sumatera Utara yakni Desa Siarangarang menuju Desa Pea Tolong yang terletak di bagian hulu Sungai Aek Situmandi, ambrol.

Hingga Selasa (22/5), ambrolnya jembatan di wilayah Kecamatan Tarutung itu belum mendapatkan penanganan sehingga struktur jembatan yang roboh hingga menyentuh permukaan sungai nyaris terbawa arus sungai.

Dugaan sementara, robohnya jembatan akibat struktur fisik dan rangka yang kurang kokoh sehingga tidak mampu menahan hantaman air sungai.

Jembatan itu dibangun Pemkab Tapanuli Utara dalam dua tahap. Pengerjaannya diawali pada tahun 2014 dan diselesaikan tahun 2016. Panjang jembatan sekitar 35 meter, dengan lebar 5 meter.

Pengerjaan pada tahap pertama menelan dana senilai Rp1.614.800.000 yang bersumber dari APBD.

Lanjutan pembangunan tahap kedua pada 2016, yang juga bersumber dari dana APBD Taput menelan biaya senilai Rp999.800.000.

Meski baru berusia setahun, kondisi struktur fisik dan rangka jembatan yang diduga kurang bermutu menjadi penyebab utama ambrolnya jembatan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Tapanuli Utara Anggiat Rajaguguk yang dikonfirmasi terpisah membantah robohnya jembatan tersebut disebabkan oleh struktur fisik dan kerangka jembatan yang kurang kokoh.

"Jembatan roboh akibat tertimpa material longsor berupa bebatuan, pohon, dan tanah yang meluncur dari tebing jembatan yang diduga akibat aktivitas tambang batu di sekitar perbukitan," ujarnya.

Ia mengatakan saat ini pihaknya sudah melaporkan robohnya jembatan tersebut kepada bupati untuk selanjutnya dilakukan perbaikan dan pembangunan jembatan tersebut.

"Kondisi jembatan sudah dilaporkan ke bupati dan sudah kami tinjau untuk kemudian diprogramkan pembangunan kembali jembatan itu," katanya.[]

Berita Lainnya

Warga Gusuran Rumah Deret Tamansari: Aksi Satpol PP Ilegal!

SOKSINEWS.COM, Sejumlah warga menolak eksekusi lahan untuk proyek rumah deret Tamansari, Kota Bandung. Warga menilai, eksekusi . . .

Nasional Kamis, 12 Desember 2019

Anggap Dukungan Sebagai Utang, Gibran: Saya Ganti Dengan Kebijakan

SOKSINEWS.COM, Gibran Rakabuming Raka sudah resmi mendaftar sebagai calon wali kota Solo periode 2020-2025. Gibran mengucapkan . . .

Nasional Kamis, 12 Desember 2019

Ketua MPR Dorong Pemerintah Akselerasi Pembangunan SDM

SOKSINEWS.COM, Ketua MPR Bambang Soesatyo mendorong pemerintah untuk segera mengakselerasi pembangunan sumber daya manusia (SDM). . . .

Nasional Kamis, 12 Desember 2019

Pengamat Prediksi Muktamar PPP Tidak Akan Terjadi Dualisme Kepemimpinan

SOKSINEWS.COM, Direktur Eksekutif Parameter Politik Adi Prayitno memprediksi Partai Persatuan Pembangunan tidak akan mengalami . . .

Nasional Kamis, 12 Desember 2019

Bos KAI Prediksi Kenaikan Penumpang 4 Persen Selama Nataru

SOKSINEWS.COM, PT Kereta Api Indonesia (Persero) memprediksi akan ada kenaikan jumlah penumpang selama libur Natal dan Tahun Baru . . .

Nasional Kamis, 12 Desember 2019