Senin, 18 Juni 2018 -

 

 

Korut Terima Wartawan Korsel Saksikan Penutupan Situs Nuklir

Internasional  -  Rabu, 23 Mei 2018, 11:09 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Ilustrasi rudal Korut yang diklaim bisa membawa hulu ledak nuklir. (REUTERS/KCNA)

SOKSINEWS.COM, Korea Utara menerima daftar wartawan Korea Selatan untuk mengunjungi situs uji coba nuklir mereka setelah tarik-menarik berhari-hari dengan Seoul, menurut Kementerian Unifikasi Korea Selatan, Rabu (23/5).

Korea Utara mengundang sejumlah media dari beberapa negara untuk menyaksikan pembongkaran situs uji Punggye-ri sebagai upayanya menegakkan janji untuk menghentikan uji coba nuklir. Namun, Pyongyang menolak untuk menerima daftar wartawan dari Korea Selatan setelah membatalkan rencana pembicaraan antar-Korea sebagai protes terhadap latihan tempur udara Korea Selatan dan Amerika Serikat.

Undangan untuk menyaksikan pembongkaran situs Punggye-ri dilihat sebagai indikasi bahwa tawaran tak terduga Korea Utara untuk mengakhiri uji coba nuklirnya masih berlaku meskipun ketidakpastian diplomatik baru.

Wartawan dari perusahaan media dari negara-negara lain tiba di kota pelabuhan Korea Utara, Wonsan, pada Selasa, di mana mereka menunggu untuk dipandu ke lokasi pengujian untuk mengikuti agenda peliputan yang dijadwalkan antara Rabu dan Jumat.

Namun, wartawan Korea Selatan kembali ke negara mereka semalam setelah gagal mendapatkan visa dari Pyongyang di Beijing.

Kementerian Unifikasi mengatakan pada Selasa malam bahwa para wartawan Korea Selatan dapat terbang langsung ke Wonsan jika Korea Utara menerima mereka.

"Kami menyampaikan daftar delapan wartawan dari dua media ke Korea Utara hari ini, dan pihak Utara menerimanya," kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan pada Rabu.

Kementerian itu tidak mengatakan kapan wartawan akan berangkat ke Korea Utara tetapi mengatakan akan mengatur dukungan secepat mungkin.

Para anggota media asing yang diundang mengatakan pihak berwenang Korea Utara memberikan alasan kepada mereka bahwa cuaca "terlalu buruk untuk melakukan perjalanan" ke situs Punggye-ri, tetapi mereka mungkin sebenarnya sedang menunggu para wartawan Korea Selatan, hal ini mengutip ramalan cuaca yang menunjukkan peningkatan kondisi.[]
 

Korea UtaraKorea SelatanNuklir

 

 

Baca Juga