Rabu, 15 Agustus 2018 -

 

 

Perbaikan Jalur Mudik di Jambi Tuntas Sepekan Sebelum Lebaran

Ekonomi  -  Jumat, 25 Mei 2018, 16:00 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Buruh mengerjakan perbaikan jalan Tol Purbaleunyi KM 75 di Purwakarta, Jawa Barat, Rabu (23/5). Perbaikan ruas jalan tol tersebut untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pengguna tol khususnya saat arus mudik Lebaran 2018 mendatang. ANTARA FOTO

SOKSINEWS.COM, Pelaksana Tugas Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi Harry Andria mengatakan perbaikan jalan provinsi di jalur mudik daerah itu dipastikan pengerjaaya tuntas sepekan menjelang Lebaran 2018.

"Jalan provinsi sebelum lebaran sudah fungsional atau tidak ada yang putus karena rusak," kata Harry Andria di Jambi, Jumat (25/5).

Dia mengaku sejumlah ruas jalan provinsi di daerah itu mengalami kerusakan cukup parah yang perlu segera ditangani agar lalu lintas lancar selama arus mudik dan lebaran nanti.

"Titik ruas jalan provinsi yang rusak berlobang itu banyak. Seperti di jalan Tempino-Muarabulian dan Kumpeh-Suak Kandis sehingga perlu ditangani," katanya, dilansir Antara.

Saat ini kata Harry sedang dilakukan pengerjaan perbaikan jalan oleh pihak ketiga, dan sebagian besar penangganan jalan ada di UPTD Alkal.

Sementara menghadapi persiapan mudik lebaran, Dinas PUPR akan menempatkan alat berat di titik-titik jalan yang rawan kerusakan seperti akibat longsor dan banjir.

Harry mengatakan jalan provinsi yang rawan terjadi kerusakan salah satunya di Senyerang, Kabupaten Tanjungjabung Barat. Namun alat berat sudah disiapkan.

Sedangkan jalan di Kabupaten Kerinci salah satu daerah yang paling sering terjadi longsor ditangani langsung Balai Jalan Sumatera, karena jalan Kerinci sudah berstatus jalan nasional.

Wilayah Jambi merupakan jalur perlintasan arus mudik yang melintas di jalur lintas Sumatera baik ke jalur lintas timur, lintas tengah dan barat.

Secara umum jalur mudik di lintas timur cukup memadai dan beberapa ruas jalan nasional di jalur itu sudah diperbaiki, salah satunya di kawasan Merlung Kabupaten Tannjabar. Terdapat titik rawan longsor dan telah ditangani oleh tim pemeliharaan jalan dari PU.[]
 

PUPRJambiHarry Andria

 

 

Baca Juga