Sabtu, 18 Agustus 2018 -

 

 

Ratusan Rumah Hancur Diterpa Angin Kencang di Yangon Myanmar

Internasional  -  Rabu, 30 Mei 2018, 13:16 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Ilustrasi - Angin kencang menghantam jalanan di Nha Trang, saat Topan Damrey melanda wilayah selatan Vietnam, dalam foto yang diambil dari media sosial, Sabtu (4/11). (ANTARA FOTO/@SINITSYN_NIKITA/v)

SOKSINEWS.COM, Angin kencang dibarengi hujan lebat menghancurkan lebih dari 500 rumah di Kotapraja Shew Pyi Tha, wilayah Yangon di Myanmar, demikian laporan media resmi Global New Light of Myanmar.

Angin kencang, yang bertiup cuma beberapa menit sebelah fajar pada Selasa (29/5), merobohkan pohon dan menghancurkan banyak rumah, sehingga memutus pasokan listrik di kotapraja tersebut.

Namun, tak ada laporan mengenai korban jiwa.

Kepala Menteri Wilayah Yangon U Phyo Min Thein bergegas ke lokasi dan memimpin operasi pembersihan puing dan pemulihan pasokan listrik.

Dilansir dari Xinhua, Rabu (30/5), tempat penampungan sementara didirikan untuk menampung dan membantu korban yang kehilangan rumah.

Pada hari yang sama, hujan lebat dan angin kencang juga menghumbalang cabang pohon di Hmawbi, Dagon Myothit-utara dan kotapraja lain.

Sementara itu, Departemen Hidrologi dan Meteorologi Myanmar mengeluarkan peringatan darurat warna-merah pada Selasa sore bahwa depresi cuaca tropis dalam terbentuk di bagian timur-tengah Teluk Benggala dan topan diperkirakan memasuki daratan daerah pantai di Negara Bagian Rakhine di dekat Ann dalam waktu 12 jam ke depan.

Tim pertolongan melakukan persiapan di 17 kotapraja di Negara Bagian Rakhine termasuk Maungtaw dan Buthidaung setelah peringatan topan dikeluarkan.

Pemerintah lokal telah membekukan layanan saluran air Angumaw-Sittway selama tiga hari.[]

Angin KencangYangonMyanmar

 

 

Baca Juga