Senin, 18 Juni 2018 -

 

 

Kerajinan Sepatu Lukis Sulut Rambah Pasar Internasional

Ekonomi  -  Senin, 04 Juni 2018, 09:33 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Ilustrasi. Foto: Cendana News

SOKSINEWS.COM, Usaha kerajinan sepatu lukis Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mulai merambah pasar internasional dalam pemasarannya.

"Produk kerajinan sepatu lukis dan kulit selain masuk pasar domestik juga mulai ada permintaan dari Australia dan Amerika, namun belum rutin," kata Pemilik Usaha Owi Art and Craft Manado William di manado, Senin (4/6).

William mengatakan permintaan dari pasar domestik sudah lumayan bagus, dan secara online mulai ada permintaan dari pasar internasional.

Ide kerajinan sepatu lukis dan kulit ini mulai ditekuni sejak awal tahun 2016, karena merupakan salah satu kelebihan saya dalam melukis.

"Kami memakai sepatu kanvas dan tas anyaman sebagai media pengganti kanvas lukis," jelasnya, seperti dilansir Antara.

Setelah itu, katanya, memberanikan diri menjual melalui media sosial seperti facebook, Instagram, Tokopedia dan Shoppee, sehingga dilirik pembeli dari pasar luar negeri.

"Sehingga kami mencari dukungan pemerintah, dalam hal ini Dinas Perindustrian Minahasa Utara, yang membawa kami belajar seni kerajinan kulit di sentra kerajinan kulit Cibaduyut Bandung," jelasnya.

Bahkan atas dukungan Dinas Perindustrian pihaknya telah mendapatkan Izin Usaha Industri (IUI) untuk membangun sentra kerajinan kulit di Sulut.

Pihaknya masih membutuhkan dukungan dari pemerintah Sulut untuk mengembangkan usaha lebih baik lagi.

Kepala Dinas perindustrian dan Perdagangan Sulut Jenny Karouw mengatakan pihaknya akan mendukung dan memfasilitasi semua IKM di Sulut.[]

KerajinanSepatu LukisSulawesi Utara

 

 

Baca Juga