Rabu, 20 Juni 2018 -

 

 

Jokowi-JK Letakkan Batu Pertama Pembangunan Kampus UIII

Nasional  -  Selasa, 05 Juni 2018, 14:48 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Presiden Joko Widodo (tengah) bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla (kanan) melakukan peletakan batu pertama pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) yang masuk ke dalam proyek strategis nasional disaksikan Gubernur Jawa Barat Ahmad

SOKSINEWS.COM, Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla melakukan peletakan batu pertama rencana pembangunan Kampus Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) di Kawasan Pemancar LPP RRI Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat, Selasa (5/6).

Presiden dan Wapres didampingi Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljno, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi M Nasir serta Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan yang secara simbolis menungkap adukan semen, batu dan pasir sebagai dimulai pembangunan Kampus UIII.

Dalam sambutannya, presiden mengungkapkan bahwa rencana pembangunan UIII ini sudah digodok, dimatangkan dan direncanakan selama dua tahun.

"Jadi ramainya ini sudah dua tahun, tapi mencari lahannya juga tidak mudah karena saya sampaikan saya tidak mau setengah-setengah," ungkapnya.

Kepala Negara mengemukakan bahwa permintaan awalnya, dirinya minta UIII ini dibangun di luas lahan 1.000 hektar.

"Tapi ternyata nggak ada lahan 1.000 hektare lebih di Jawa ini, sudah sangat sulit sekali. Saya menawarkan di luar Jawa, semua tim menyampaikan tidak setuju," tambahnya.

Akhirnya, lanjut presiden bahwa dirinya menyetujui pembangunan Kampus UIII ini dibangun di Pulau Jawa, paling tidak mendekati luas 1.000 hektare.

"Teryata kita mendapatkan 142 hektare, memang jauh dari jauh dari 1.000 hektare, tetapi setelah melihat di lapangan, tadi saya juga kaget ternyata 142 hektare itu juga sebuah lahan yang sangat luas, Alhamdulillah. Bayangkan kalau dapat 1.000 hektare," kata presiden.

Kepala Negara mengatakan bahwa design Kampus UIII ini "futuristik", karena ilmu riset melihatnya ke depan, bukan ke belakang, baik dari sisi desain, sisi tata ruang.

"Sisi kampus yang melihat ini adalah betul-betul sebuah kampus masa depan. Dan kita berharap UIII benar-benar akan menjadi pusat kajian, menjadi pusat penelitian peradaban Islam di negara kita Indonesia," katanya.[]

Joko WidodoJusuf KallaUniversitas Islam Internasional IndonesiaUIII

 

 

Baca Juga