Minggu, 19 Agustus 2018 -

 

 

Nurul-Ruli Inginkan Tiap Kelurahan Miliki Motor Damkar

Nasional  -  Rabu, 06 Juni 2018, 16:19 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Nurul Arifin/Foto: dok.istimewa

SOKSINEWS.COM, Kandidat pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung nomor urut satu, Nurul Arifil-Chairul Yaqin Hidayat (Ruli) menginginkan agar setiap kelurahan memiliki motor pemadam kebakaran.

"Program yang sudah direncanakan adalah tim pemadam kebakaran yang menggunakan motor di setiap kelurahan untuk menangani awal kebakaran, sambil menunggu mobil Damkar yang mungkin butuh waktu untuk tiba di lokasi," ujar Ruli di Bandung, Rabu (6/6).

Ruli mengatakan, permasalahan kebakaran di Kota Bandung akan menjadi salah satu perhatian pasangan Nuruli, mengingat pemukiman di Bandung yang sudah sangat padat dan rawan terjadi kebakaran.

Menurut dia, pasukan motor pemadam kebakaran ini akan ditempatkan di pemukiman padat penduduk. Selain itu, secara rutin harus ada pelatihan penanganan kebakaran di tingkat masyarakat, sebagai langkah awal memadamkan api jika sewaktu-waktu hal yang tidak diinginkan terjadi.

"Pelatihan ini titik berat pada pencegahan dan penanganan awal kebakaran," katanya, seperti dilansir Antara.

Disaat musim kemarau, ia mengimbau masyarakat untuk lebih berhati hati dan jangan bosan untuk memeriksa instalasi listrik di rumah masing-masing, terlebih jika sudah berusia lebih dari 10 tahun.

"Jika instalasi listriknya sudah lebih dari 10 tahun ada baiknya diganti baru untuk meminimalisasi risiko terjadinya kebakaran," ujarnya.

Selain mengantisipasi dan menekan angka terjadinya kebakaran, menurutnya, perlu juga adanya tempat penampungan sementara saat terjadi bencana, salah satunya bencana kebakaran.

Tak hanya itu, perlu program revitalisasi secara menyeluruh bagi korban kebakaran karena selain harta benda, surat-surat penting seperti ijazah, buku nikah dan dokumen lainnya bisa saja hilang atau rusak.

"Harus ada program penjaminan untuk korban kebakaran, terutama yang menyangkut administrasi kependudukan seperti KTP, KK, Akta kelahiran, ijazah dan lainnya yang terbakar, harus dijamin oleh Pemkot Bandung untuk dibuatkan yang baru," tuturnya.[]

Nurul ArifinChairul Yaqin HidayatDamkar

 

 

Baca Juga