Jumat, 14 Desember 2018 -

 

 

Hadapi Arus Mudik, PT AP I Mulai Buka Posko Pengamanan di Bandara Adisutjipto

Nasional  -  Kamis, 07 Juni 2018, 08:36 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Bamdara Adisutjipto

SOKSINEWS.COM, Sambut Idul Fitri 1439 Hijriah, PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta mulai membuka posko pengamanan terpadu. 

"Posko pengamanan angkutan udara Lebaran 2018 (1439 H) mulai 07 sampai 24 Juni 2018 atau H-8 hingga H+8," kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Agus Pandu Purnama di Yogyakarta, Kamis (7/6).

Lebih lanjut Agus menyampaikan, posko angkutan udara lebaran 2018 Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta melibatkan 601 personel yang terdiri dari 66 tim personel gabungan serta 535 personel PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto

Menurut dia, lebaran tahun ini diprediksi akan terdapat lonjakan penumpang yang menggunakan angkutan udara hingga 28 ribu penumpang per harinya pada arus mudik yaitu H-7 Lebaran, meningkat 11,6 persen dibandingkan dengan 2017 yang tercatat pada 25 ribu penumpang.

"Sedangkan untuk arus baliknya, H+4 Lebaran, diprediksikan lonjakan penumpang mencapai 30 ribu penumpang per harinya, lebih tinggi 6,3 persen dibandingkan 2017 pada angka 28ribu penumpang," katanya.

Ia mengatakan, hal ini tentunya akan memerlukan kerja ekstra dari semua pihak komunitas bandara dan tim personel gabungan. Tidak hanya peningkatan jumlah penumpang, trafik pesawat pun mengalami peningkatan.

Diprediksikan tercatat kenaikan lebih dari sembilan persen pada puncak arus mudik H-7 Lebaran 2018 dan 11,2 persen pada puncak arus balik H+4 Lebaran.

"Pada momen Lebaran 2017, pergerakan pesawat tercatat pada 200 pergerakan per hari pada puncak arus balik," katanya.

Agus mengatakan, sampai dengan saat ini, sejumlah 50 permohonan extra flight atau penerbangan tambahan telah disampaikan.

"Adapun dari 50 pengajuan tersebut, terdapat 38 extra flight yang telah mendapatkan persetujuan untuk melengkapi fasilitas layanan penerbangan pada momen lebaran nanti," katanya.

Ia mengatakan, rata-rata pergerakan pesawat regular sesuai izin rute adalah 180 pergerakan per hari, sedangkan dalam rangka mengakomodir layanan penerbangan selama lebaran 2018, bandara Internasional Adisutjipto akan melayani 218 pergerakan pesawat per harinya.

Terdapat tujuh Maskapai yang telah siap menambah penerbangan untuk mengakomodasi arus mudik dan arus balik melalui Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta terhitung mulai 1 sampai 30 Juni 2018, yaitu Citilink, Lion Air, Batik Air, Sriwijaya Air, Nam Air, Express Air dan Air Asia dengan tujuan Jakarta,Makassar, Banjarmasin, Lampung, Pangkalpinang, Pontianak, Balikpapan dan Pekanbaru.

Ia mengatakan, guna menambah kenyamanan pada momen Lebaran nanti, PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta juga melakukan penambahan area ruang tunggu Terminal A yang akan siap digunakan sebelum puncak arus Lebaran 2018.

"Kami melakukan penambahan luasan ruang tunggu baru yaitu 220 meter persegi dengan kapasitas 250 seat tambahan, dan dilengkapi dengan satu Boarding Gate tambahan serta Toilet dan Mushala," katanya.

Di samping itu, kata dia, pihaknya juga melakukan perluasan Mushala di ruang tunggu eksisting Terminal A dengan tambahan luasan 30 meter persegi menjadi 66,4 meter persegi," katanya.

Ia mengatakan, sebagai bentuk komitmen terhadap pelayanan, kenyamanan serta keamanan dalam menyambut momen Lebaran 2018 nanti, akan kami pastikan untuk dapat memberikan yang terbaik bagi pengguna fasilitas penerbangan.

"Kami akan berupaya memberikan pelayanan prima bagi pengguna jasa bandara. Selain perluasan ruang tunggu, PT Angkasa Pura I (Persero) juga bersama dengan dukungan Pangkalan TNI AU Adisutjipto akan siap melayani Operasional Bandara Internasional Adisutjipto selama 24 jam pada 7 sampai 24 Juni 2018, yaitu berkenaan dengan pelaksanaan Posko Angkutan Udara Lebaran 2018," katanya.[]

PT AP IBandara Internasioanl AdisutjiptoYogyakartaLebaran

 

 

Baca Juga