Senin, 18 Juni 2018 -

 

 

Pantau Harga Bahan Pokok, Khofifah: Kenaikan Secara Signifikan Adalah Daging Ayam Ras

Nasional  -  Kamis, 07 Juni 2018, 13:10 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kiri) berkampanye dengan menyapa pedagang ikan di Pasar Ikan Pindang, Kelurahan Kota Kulon, Bondowoso, Jawa Timur, Sabtu (12/5). Khofifah mengunjungi pedangang dan pekerja di pasar tersebut untuk me

SOKSINEWS.COM, Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memantau harga bahan pokok menjelang Lebaran 2018 dan kegiatan tersebut dilakukan di sela-sela kampanye dan menyapa para pedagang di Pasar Tanjung Kabupaten Jember, Kamis (7/6).

"Saya sudah memantau harga bahan pokok di pasar tradisional yang tersebar di beberapa kabupaten/kota di Jawa Timur dan yang mengalami kenaikan secara signifikan adalah daging ayam ras," kata Khofifah di Pasar Tanjung Jember.

Berdasarkan penuturan para pedagang, lanjut dia, ketersediaan daging ayam potong di pasaran terbatas, sedangkan permintaan masyarakat untuk daging ayam tersebut cukup tinggi, sehingga menyebabkan harga melambung di pasaran.

"Naiknya harga daging ayam tersebut sudah terjadi pada awal Ramadhan di sejumlah daerah, sehingga saya menyarankan lebih baik dilakukan operasi pasar khusus daging ayam menjelang Lebaran, sehingga terdeteksi kebutuhan komoditas tersebut," tuturnya.

Ia juga berharap Dinas Perindustrian dan Perdagangan melakukan pengecekan dari hulu hingga hilir terkait dengan kenaikan komoditas daging ayam, sehingga dapat diketahui kemacetan suplai tersebut berhenti dimana.

"Ada solusi jangka panjang untuk menekan kenaikan harga bahan pokok menjelang Lebaran yakni dibangun nya sebuah gudang sebagai tempat penyimpanan berbagai komoditas kebutuhan pokok di setiap pasar tradisional, agar tidak mengalami kelangkaan," katanya.

Khofifah mengatakan pedagang bisa memotong rantai distribusi yang memakan biaya tinggi dan akan mendapatkan kualitas barang bagus dengan harga standar, apabila barang-barang kebutuhan pokok tersebut disimpan di gudang yang berada di pasar tradisional.? ? "Saya juga berharap ada agen perbankan di pasar tradisional untuk memberikan kredit usaha rakyat (KUR) kepada para pedagang usaha mikro, sehingga para pedagang tidak terjerat rentenir," ucap calon Gubernur Jatim nomor urut 1.

Ia mengaku masih belum melihat ada agen perbankan yang mendistribusikan KUR di tengah pasar tradisional, sehingga pasangan Khofifah-Emil berjanji akan mewujudkan itu sebagai upaya memproteksi pedagang dari rentenir.

Saat melakukan kegiatan kampanye di Pasar Tanjung, tim sukses Khofifah-Emil membagi-bagikan kerudung dan kaos bergambar pasangan cagub-cawagub nomor urut 1 kepada pedagang dan pengunjung pasar tradisional Jember itu.

Selain mengunjungi Pasar Tanjung Jember, Khofifah juga menghadiri deklarasi dan silaturahmi Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) yang digelar di Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember.[]

Khofifah Indar ParawansaHarga Bahan Pokok

 

 

Baca Juga