Kamis, 20 Februari 2020

 

 

Nasional Daerah

Pemkot Palembang Larang ASN Mudik Gunakan Mobil Dinas

Ahmad Fiqi Purba
Senin, 11 Juni 2018 10:58 WIB

Pemkot Palembang Larang ASN Mudik Gunakan Mobil Dinas
Ilustrasi.

SOKSINEWS.COM, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, Sumatera Selatan melarang mobil dinas digunakan untuk mudik Lebaran 2018/Idul Fitri 1439 Hijriah sesuai dengan surat edaran dari Kementerian PANRB.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Palembang Ratu Dewa di Palembang, Senin (11/6), mengatakan, pemkot harus mengingatkan kembali ke Aparatur Sipil Negara karena sebelumnya Sekretaris Daerah Kota Palembang, Harobin Mastofa sempat memperbolehkan mobil dinas dipergunakan untuk mudik berlebaran.

"Apa yang dikatakan Sekda saat itu merupakan sebuah kebijakan dari Pemkot Palembang. Namun, setelah keluarnya surat edaran dari KemenPANRB ini, Pemkot Palembang harus mengikuti aturan yang ada," katanya seperti dilansir Antara.

Tak hanya masalah mobil dinas, ia melanjutkan, KemenPANRB juga memberikan surat edaran tentang masa cuti bersama bagi para ASN.

Para ASN diberikan waktu libur dari tanggal 9-20 Juni 2018, dan kembali berdinas pada hari kamis tanggal 21 Juni 2018.

"Itu termasuk hari libur Sabtu dan Minggu ya," ujar dia.

Lantaran masa libur yagn diberikan cukup panjang, Dewa memastikan bahwa pemkot akan memberikan saksi tegas bagi ASN yang masih molor masuk kerja.

BKPSDM tak segan-segan akan memberikan sanksi tegas berupa surat peringatan (SP) 3 bagi para ASN dan Non PNSD yang melakukan bolos kerja.

"Pertimbangannya karena mereka ini sudah libur lama, ini mau tambah libur. Langsung SP 3, biasanya sanksinya penundaan gaji secara berkala," kata dia.

Untuk mengantisipasi hal ini, rencananya Pemkot Palembang akan membentuk tim untuk menggelar inspeksi mendadak (sidak) baik dari tim Inpektorat maupun tim dari BKPSDM. Sidak ini akan dilaksanakan diseluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Dinas, Instansi, Kecamatan, hingga Kelurahan yang ada di kota Palembang.

"Sudah dibentuk dan siap jalan. Saat melakukan sidak, tim ini nantinya akan membawa dua orang Sat Pol PP," kata dia.[]
 

Berita Lainnya

Rektor Unja Sosialisasikan Kampus Merdeka Dan Merdeka Belajar

SOKSINEWS.COM, Rektor Universitas Jambi Prof. Drs. H. Sutrisno menyosialisasikan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan . . .

Nasional Kamis, 20 Februari 2020

Menlu Retno Ajak ASEAN, China Perkuat Mekasnisme Hadapi Wabah Covid-19

SOKSINEWS.COM, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menekankan pentingnya kerja sama antara negara-negara anggota ASEAN dan China . . .

Nasional Kamis, 20 Februari 2020

Presiden Ingin Peringkat EODB Indonesia Masuk 40 Besar Dunia

SOKSINEWS.COM, Presiden RI Joko Widodo menginginkan peringkat kemudahan berusaha atau ease of doing business (EODB) di Indonesia . . .

Nasional Kamis, 20 Februari 2020

Nelayan Mataram Tidak Melaut Karena Gelombang Tinggi

SOKSINEWS.COM, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, menyebutkan, akibat gelombang tinggi . . .

Nasional Kamis, 20 Februari 2020

BI Turunkan Suku Bunga Acuan Jadi 4,75 Persen

SOKSINEWS.COM, Bank Indonesia memutuskan untuk menurunkan suku bunga acuan 7-Day Reverse Repo Rate sebanyak 25 basis poin menjadi . . .

Nasional Kamis, 20 Februari 2020