Rabu, 19 Desember 2018 -

 

 

Survei Elektabilitas Bursa Zarnubi-Parhan Berza Meningkat Hingga 42,1 Persen

Nasional  -  Selasa, 12 Juni 2018, 12:03 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

SOKSINEWS.COM, Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) melakukan survei terhadap calon Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Lahat jelang pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 27 Juni 2018 mendatang.

Sebagai informasi, ada lima pasangan calon yang akan mengikuti kontestasi pencarian pemimpin kabupaten Lahat, di antaranya adalah Bursa Zarnubi-Parhan Berza, yang diusung Partai PKB, PAN dan Golkar, kemudian pasangan Novran Marjani-Herliansyah yang diusung PDIP, Gerindra, PPP dan PKS, juga pasangan Cik Ujang-Haryanto yang diusung Partai Nasdem, Demokrat dan Hanura.

Selain itu ada pula pasangan yang maju secara independen, yaitu pasangan Purnawarman Kias–Rozi Adiansyah, pasangan Hapit Padli-Erlansyah Rumsyah.

Menurut hasil survei LKPI, tingkat elektabilitas pasangan Bursa Zarnubi-Parhan Berza terus merangkak naik dibanding hasil survei pada Januari 2018 lalu, hingga mencapai 42,1 persen, setelah sebelumnya hanya mencapai 37,7 persen.

"Kemudian disusul oleh pasangan Novran Marjani-Herliansyah dengan 17,9 persen meningkat ke 18,2 persen, Cik Ujang-Haryanto juga meningkat dari 16,4 persen ke 17,3 persen," jelas Direktur Eksekutif LKPI, Arifin Nur Cahyono dalam keterangan persnya, Selasa (12/6).

Akan tetapi, hal ini berbanding terbalik dengan perolehan survei bagi pasangan calon perseorangan, kedua pasangan calon independen itu justru menurun tingkat elektabilitasnya.

"Purnawarman Kias–Rozi Adiansyah pada Januari lalu memperoleh tingkat elektabilitas sebesar 5,7 persen menurun menjadi 4,6 persen pada Mei tahun ini. Begitu juga dengan pasangan calon Hapit Padli-Erlansyah Rumsyah yang pada Januari lalu tingkat elektabilitasnya sebesar 4,9 persen menurun menjadi 3,2 persen pada Mei ini," paparnya.

Selain itu, Arifin juga menyebut, angka responden yang belum menentukan pilihan justru menurun dari 17,4 persen pada Januari lalu menurun menjadi 14,6 persen pada Mei 2018.

"Sesuai hasil survei itu, kami menyimpulkan bahwa tidak ada kejadian politik yang luar biasa di Kabupaten Lahat dalam kurun 1 bulan yang akan datang, maka Pasangan Nomor Urut 4, Bursah Zarnubi-Parhan Berza berpotensi memimpin Kabupaten Lahat untuk 2018-2023," ujar Arifin.

Sebagai informasi, Survei LKPI kali ini diselenggarakan pada 16 Mei hingga 28 Mei 2018 lalu dengan melibatkan sekitar 1.659 responden yang merupakan masyarakat Lahat. Mereka dipilih dengan menggunakan metode multistage random sampling dari jumlah populasi DPT Kabupaten Lahat sebanyak 298.528 pemilih.

"Semua responden tersebar secara proporsional di 22 kecamatan di Kabupaten Lahat. Tingkat kepercayaan survei adalah 95 persen dan margin of error kurang lebih 2,4 persen. Sementara pengumpulan data dari responden dengan cara wawancara langsung dengan responden melalui panduan kuisioner," tutup Arifin.[]

PilkadaLahatSurveiLKPI

 

 

Baca Juga