Jumat, 14 Desember 2018 -

 

 

Jokowi Minta Korban Kebakaran Pinrang Segera Dibantu

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018, 13:46 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Mensesneg Pratikno (kiri) dan Menlu Retno Marsudi (kanan) memberikan keterangan pers terkait terpilihnya Indonesia menjadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB periode tahun 2019-2020 di Istana Kepresidenan

SOKSINEWS.COM, Presiden Joko Widodo meminta jajarannya segera menyalurkan bantuan kepada korban kebakaran di Kelurahan Data, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan guna meringankan penderitaan mereka.

Menteri Sosial Idrus Marham dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (20/6), mengatakan pihaknya mendapatkan perintah dari Presiden Jokowi untuk segera membantu korban kebakaran di Pinrang.

"Kami langsung terjun ke lapangan dan mengunjungi keluarga korban kebakaran di Kelurahan Data, Kecamatan Duampanua, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, dan menyerahkan sejumlah bantuan sosial," katanya.

Bantuan itu, meliputi kebutuhan dasar seperti tenda keluarga, tenda gulung, matras, paket permakanan, paket sandang, beras, pakaian anak dan dewasa, pakaian sekolah anak, alat rumah tangga, serta "kids ware", "velbed", serta "foodware".

Selain itu Mensos Marham juga menyerahkan bantuan pembangunan rumah dari Kementerian Sosial berupa uang tunai Rp15 juta.

"Karena keluarga korban merupakan penerima Program Keluarga Harapan maka kedatangan saya kali ini sekaligus juga membawakan buku tabungan yang baru karena yang lama terbakar. Dengan demikian korban kebakaran bisa mencairkan kembali bansos PKH," katanya.

Penyerahan disampaikan langsung di lokasi kebakaran oleh Mensos Idrus Marham saat kunjungan kerja dengan didampingi Kepala Dinas Sosial setempat bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah setempat.

"Dalam suasana duka seperti ini, sebagaimana yang senantiasa disampaikan Presiden Joko Widodo agar layanan dasar korban terdampak harus segera disalurkan. Ini adalah wujud negara hadir memberikan perlindungan sosial," kata dia.

Kebakaran pada 17 Juni 2018 pukul 01.05 Wita terjadi di Kelurahan Data, Kecamatan Duampanua, Kabupaten Pinrang.

Penyebab kejadian itu diduga korsleting listrik yang menghanguskan tempat tinggal warga dengan kerugian mencapai jutaan rupiah. Akan tetapi, dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa.[]

Joko WidodoIdrus MarhamPinrangSulawesi Selatan

 

 

Baca Juga