Jumat, 14 Desember 2018 -

 

 

Pilkada 2018, Vox Populi Survey: Milton Crosby-Boyman Harun Masih Unggul di Kalbar

Nasional  -  Kamis, 21 Juni 2018, 11:22 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Pasangan Milton Crosby dan Boyman Harun

SOKSINEWS.COM, Jelang Pemilihan Gubernur Kalimantan Barat pada 27 Juni mendatang, Lembaga Vox Populi Survey bekerjasama dengan Asosiasi Petani Plasma Sawit Indonesia menggelar survei terkait tokoh yang banyak diminati warga di provinsi tersebut.

Sebagai informasi, survei ini menggunakan metodelogi kuantitatif dengan mengunakan kuisioner dan wawancara kepada sejumlah masyarakat Kalbar yang tersebar di 2 Kota dan 12 Kabupaten. Jumlah Masyarakat Kalbar yang ditentukan sebagai sample dalam penelitian sebanyak 2.178 yang diambil dari jumlah Daftar Pemilih Tetap Pilkada (DPTP) Kalbar.

"Survei ini sudah dilaksanakan sejak tanggal 6 Juni-18 Juni 2018 dengan margin of error kurang lebih 1,98 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen," ungkap Koordinator Lembaga Vox Populi Survey, Rahman Muklis dalam pers rilisnya, Kamis (21/6).

Hasil temuan yang mengangkat tema 'Survei Jajak Pendapat Masyarakat Kalimantan Barat Jelang Pilgub Kalimantan Barat 2018' menyatakan bahwa pasangan Milton Crosby dan Boyman Harun paling diminati warga untuk memimpin Kalimantan Barat.

"Hal ini terlihat dari jawaban warga Kalbar yang sangat mengidolakan paslon Milton-Boyman. Dari 2.448 orang, 45,3 persen dari keseluruhan responden memilih pasangan tersebut setelah dilihat dari hasil pertanyaan secara terbuka 'Siapa Gubernur dan Wakil Gubernur yang Akan dipilih pada 27 Juni 2018 nanti jika pemilihan digelar hari ini?," jelasnya.

Sementara pasangan lainnya menyusul, yaitu Karolin Margaret Natasa-Suryadman Gidot dipilih sebanyak 18,6 persen, pasangan Sutarmidji-Ria Noorsan sebanyak 19.8 persen dan tidak menjawab sebanyak 16.3 persen.

"Dari hasil jawaban warga dengan menggunakan kartu dengan pertanyaan yang sama setelah melihat dan mendengar para kandidat berkampanye, sebanyak 48,8 persen ternyata mencoblos pasangan Nomor 1 Milton Crosby - Boyman Harun, kemudian 20,1 persen mencoblos pasangan Nomor 2, Karolin Margaret - Suryadman Gidot. Sedangkan yang mencoblos Pasangan Nomor 3, Sutarmidji-Ria Norsan hanya 23,7 persen dan 7,4 persen tidak mencoblos alias golput," jelas Rahman.

Untuk tingkat kemantapan responden yang disurvei dalam menentukan pilihan cukup tinggi yakni berada di level 70,3 persen. Sementara 29,7 persen mengaku pilihannya masih bisa berubah dan masih goyah.

Dan perlu diketahui, pemilih Kalimantan Barat ini adalah tergolong pemilih yang paling mudah pindah ke lain hati, apalagi menurut pantauan Polri, BIN dan TNI, pilkada Kalimantan Barat adalah yang paling rawan Konflik.

"Jadi pilihan kepada Milton -Boyman menjadi sebuah pilihan yang terbaik bagi masyarakat Kalimantan Barat yang sudah bosan dan tidak suka dengan konflik-konflik sosial," tukasnya.[]

PilkadaKalimantan BaratVox Populi SurveyGubernur

 

 

Baca Juga