Selasa, 13 November 2018 -

 

 

Walikota Filipina Antonio Halili Tewas Ditembak Saat Upacara Bendera

Internasional  -  Selasa, 03 Juli 2018, 08:32 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Wali Kota kontroversial di Filipina Antonio Halili ditembak mati saat upacara pengibaran bendera. Foto: AFP

SOKSINEWS.COM, Wali Kota kontroversial di Filipina Antonio Halili ditembak mati di bagian dada saat upacara pengibaran bendera, ia ditembak ketika sedang menyanyikan lagu nasional di luar balai kota Tanauan, selatan Manila.

saat upacara pengibaran bendera. Dia ditembak di bagian dada saat menyanyikan lagu nasional di luar balai kota Tanauan, selatan Manila.

Rekaman video menunjukkan orang-orang berteriak dan berlarian setelah penembakan. Hariri memiliki sikap keras terhadap narkoba. Dia sering menggiring para tersangka kasus narkoba di jalanan. Dia juga dituduh melindungi para pengedar narkoba. Tuduhan ini disangkalnya.

Pelaku penembakan itu berhasil melarikan diri dan belum ada tersangka yang diidentifikasi. Kepala kepolisian lokal Renato Mercado menjelaskan, pelaku melepas tembakan dari jarak 150 meter.

Jarak dari posisi itu luar biasa. Ini tak bisa dilakukan oleh orang biasa. Keahliannya dapat disamakan dengan penembak terlatih,” kata dia.

Halili menarik perhatian internasional dua tahun lalu setelah dia memaksa para tersangka kasus narkoba berjalan berkeliling dengan tulisan bahwa mereka tersangka kriminal. Tindakan Halili ini disebut “berjalan malu”.

Namun tahun lalu wewenangkan pada kepolisian lokal dibatasi setelah pemerintah menuduhnya terkait perdagangan narkoba ilegal. Sejak pemerintah Filipina menggelar kampanye anti-narkoba pada Juli 2016, sebanyak 4.000 tersangka pengguna dan pengedar narkoba tewas dalam operasi kepolisian.

Kepolisian berpendapat semua pembunuhan itu dilakukan sebagai pertahanan diri setelah tersangka menolak ditahan. Kelompok hak asasi manusia menyatakan lebih dari 12.000 orang tewas dalam perang narkoba dan banyak pembunuhan itu dilakukan tanpa proses pengadilan.[]

WalikotaFilipinaAntonio Halili

 

 

Baca Juga