Sabtu, 14 Desember 2019

 

 

Bisnis & Keuangan

Bandara Bali Beroperasi Normal Pascaerupsi Gunung Agung

Ahmad Fiqi Purba
Selasa, 03 Juli 2018 08:40 WIB

Bandara Bali Beroperasi Normal Pascaerupsi Gunung Agung
Sejumlah penumpang menunggu jadwal penerbangan di Bandara Ngurah Rai, Bali, Jumat (29/6). ANTARA FOTO/Wira Suryantala/pras/18.

SOKSINEWS.COM, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, hingga saat ini masih beroperasi normal pascaerupsi strombolian Gunung Agung dengan melontarkan lava pijar keluar kawah sejauh sekitar dua kilometer pada Senin (2/7) pukul 21.04 WITA.

"Aktivitas penerbangan di bandara masih aman karena abu vulkanik mengarah ke barat," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Arie Ahsanurrohim di Denpasar, Selasa (3/7).

Arie menjelaskan hingga saat ini tidak ada pembatalan jadwal penerbangan baik yang akan berangkat atau tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Pihaknya bersama otoritas penerbangan terkait akan terus memantau kondisi terkini mengenai pergerakan abu vulkanik secara berkala.

Bandara Ngurah Rai berada di selatan Gunung Agung atau berjarak sekitar 75 kilometer.

Satelit Himawari BMKG menunjukkan bahwa sebaran abu vulkanik saat erupsi Senin (2/7) malam yang dominan mengarah ke barat.

Sebelumnya sejak Senin (2/7) pagi hingga sore hari, Gunung Agung mengalami beberapa kali erupsi kecil dengan tinggi abu vulkanik sekitar 1.000 meter hingga 2.000 meter.

Gunung setinggi 3.142 meter di atas permukaan laut itu kemudian mengalami erupsi dengan suara ledakan keras disertai dengan lontaran lava pijar atau erupsi strombolian.

Lontaran lava pijar itu kemudian menyebabkan sebagian area hutan di sekitar kawah terbakar.

PVMBG melaporkan ketinggian kolom abu mencapai sekitar 2 kilometer dan teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat.

Erupsi itu terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 24 mm dan durasi kurang lebih 7 menit 21 detik. []

Berita Lainnya

Presiden Jokowi Resmi Teken Perpres Mobil Listrik

SOKSINEWS.COM, Presiden joko Widodo (Jokowi) mengaku sudah menandatangani peraturan presiden (perpres) tentang percepatan . . .

Bisnis & Keuangan Kamis, 08 Agustus 2019

Bandara Bali Beroperasi Normal Pascaerupsi Gunung Agung

SOKSINEWS.COM, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, hingga saat ini masih beroperasi normal pascaerupsi strombolian . . .

Bisnis & Keuangan Selasa, 03 Juli 2018

Nilai Tukar Rupiah Kamis Bergerak Menguat Sebesar 71 Poin Menjadi Rp13.558

SOKSINEWS.COM, Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) ditransaksikan antarbank di Jakarta, Kamis (15/2) pagi, . . .

Bisnis & Keuangan Kamis, 15 Februari 2018

Rupiah Kamis Sore Ditutup Menguat ke Rp13.553

SOKSINEWS.COM, Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika (USD) yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Kamis (28/12) sore, bergerak . . .

Bisnis & Keuangan Kamis, 28 Desember 2017