Selasa, 25 September 2018 -

 

 

Kemenag Upayakan Penanganan Visa Calhaj Tak Terbaca Sistem

Nasional  -  Rabu, 04 Juli 2018, 14:52 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Ilustrasi

SOKSINEWS.COM, Kementerian Agama berupaya menangani ketersendatan proses visa seorang jamaah calon haji karena data tidak terbaca sistem.

"Solusinya, ketika ada paspor yang tidak bisa dibaca sistem kita konfirmasi ke operator sistem haji elektronik (e-hajj) di Jeddah untuk memasukkan data manual," kata Kepala Seksi Pemvisaan Subdit Dokumen dan Perlengkapan Haji Direktorat Jenderal Penyelengara Haji dan Umrah Kementerian Agama, Akhmad Jauhari di Jakarta, Rabu (4/7).

Dia mengatakan, proses konfirmasi itu harus dilakukan dengan mengontak otoritas Arab Saudi karena petugas di Kemenag tidak difasilitasi pengisian data manual.

Menurut Jauhari, kebanyakan paspor terbitan lama tidak bisa terbaca sistem pemindaian e-hajj sehingga kasus seperti di atas terjadi.

Jauhari mengatakan, dalam proses pemvisaan juga ditemukan kasus perbedaan ejaan nama dalam paspor yang menghambat finalisasi dokumen.

Perbedaan itu, kata dia, terjadi pada nama yang diajukan dalam proses visa dengan nama jamaah saat mendaftar haji.

Dalam upaya menyelesaikan kendala itu, lanjut dia, jamaah dihadirkan bersama saksi untuk mengklarifikasi identitasnya.[]

KemenagCalhaj

 

 

Baca Juga