Senin, 24 September 2018 -

 

 

30 Desa Situbondo Ajukan Pencairan Dana Desa

Nasional  -  Selasa, 10 Juli 2018, 08:50 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Ilustrasi Dana Desa. Foto: ISTIMEWA

SOKSINEWS.COM, Sebanyak 30 desa dari 132 desa di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, mulai mengajukan pencairan dana desa tahap dua Tahun Anggaran 2018.

"Untuk pencairan dana desa tahap dua tahun ini masing-masing desa harus mengajukan permohonan dengan persyaratan yang telah ditentukan," ujar Kabid Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Situbondo, Yogie Kripsian Sah di Situbondo, Selasa (10/7).

Ia menjelaskan, ada beberapa persyaratan pengajuan permohonan pencairan dana desa (DD), salah satunya adalah laporan penggunaan DD tahap pertama terkait apa saja yang dilakukan dengan Dana Desa pada tahap pertama harus dilaporkan, baik proyek fisik maupun bentuk lainnya.

Persyaratan atau pengajuan pencairan DD pada tahap kedua tidak terlalu banyak, katanya, pemerintah desa tidak perlu melampirkan surat pertanggungjawaban (SPj) penggunaan keuangan di tahap sebelumnya atau SPj dilaporkan sebagai syarat pencairan tahap ketiga.

"Pemerintah desa sudah bisa mengajukan pencairan Dana Desa, karena sekitar satu pekan yang lalu keuangan DD sudah ditransfer dari kas negara ke kas daerah (kasda)," paparnya.

Yogie mengatakan, hingga hari ini sudah ada 30 desa yang mengajukan permohonan pencairan DD, dan oleh karena itu bagi desa-desa yang belum agar segera mengajukan syarat-syarat pencairan ke DPMD jikasudah lengkap dan nantinya langsung diproses oleh BPKAD BBadan Pengelolaan dan Kekayaan Aset Daerah) Pemkab setempat.

Ia menambahkan, pada 2018 ada perubahan sistem pencarian DD yakni pencairannya jadi tiga tahap dan tahap pertama 20 persen untuk dan tahap dua dan tiga masing-masing 40 persen, sedangkan tahun sebelumnya hanya dua tahap.

Data menujukkan, sebanyak Rp213 miliar jumlah total bantuan DD dan ADD, sebesar Rp98 miliar lebih untuk ADD dan Rp115 miliar lebih dari bantuan Dana Desa.[]
 

Dana DesaSitubondoJawa Timur

 

 

Baca Juga