Rabu, 21 November 2018 -

 

 

Muhadjir Effendy Sebut Penyebaran Anak Pintar di Setiap Sekolah Penting

Nasional  -  Selasa, 10 Juli 2018, 14:08 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy. ISTIMEWA

SOKSINEWS.COM, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan penyebaran anak-anak pintar di sekolah-sekolah sangat penting.

"Anak pintar itu penting di semua sekolah, disamping bisa mengembangkan diri lebih leluasa juga mengatrol teman-temannya yang masih tertinggal secara akademik. Bagus sekali dalam membangun rasa kesetiakawanan," ujar Muhadjir di Jakarta, Selasa (10/7).

Dia menambahkan keberadan anak-anak yang pintar jangan sampai menumpuk di suatu daerah. Begitu juga dengan anak yang berasal dari keluarga mampu dan tidak mampu. Pemisahan yang terjadi selama ini, kata dia, itu yang membuat terjadinya ketimpangan yang luar biasa.

"Seharusnya dengan adanya anak dari keluarga kaya dan miskin, maka bisa saling mengisi dan membantu",katanya.

PPDB dengan menggunakan zonasi bertujuan untuk pemerataan kualitas dan mencegah serta menghilangkan praktik yang kurang baik pada sistem penerimaan sebelumnya.

Selain itu, PPDB zonasi juga bertujuan untuk pemetaan anggaran, populasi siswa, serta tenaga pengajar. Kemudian juga sulitnya membuat peta populasi siswa di suatu daerah, karena begitu bebasnya semua siswa bisa pindah termasuk di semua tempat, sehingga sulit memetakan.

"Justru sekarang ini dengan sistem zonasi, kami mengetahui ada daerah yang mengalami kelebihan siswa dan ada juga mengalami kekurangan siswa. Melalui peta yang menggunakan sistem zonasi ini, kami akan melakukan beberapa tindakan untuk mengatasi berbagai persoalan pendidikan di daerah itu", ujarnya.

Sedangkan jika ada permasalahan populasi siswa yang sedikit seperti di Solo, Muhadjir menyarankan untuk melakukan relokasi sekolah dan penggabungan guru.

"Ternyata respon guru juga tidak negatif dan mereka juga senang karena sadar perlu pindah dari sekolah sebelumnya," katanya.[]
 

MendikbudMuhadjir Effendy

 

 

Baca Juga