Sabtu, 17 November 2018 -

 

 

Politisi Golkar Mukhamad Misbakhun Dorong DJP Kemenkeu Jadi Lembaga Kuat

Ekonomi  -  Kamis, 12 Juli 2018, 11:41 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Anggota Komisi XI DPR RI Mukhamad Misbakhun. ISTIMEWA

SOKSINEWS.COM, Anggota Komisi XI DPR RI Mukhamad Misbakhun mendorong agar Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) menjadi lembaga yang kuat dalam upaya memenuhi target realisasi pajak.

"Persoalan utama yang dihadapi DJP adalah sulitnya mendapatkan akses data identitas kependudukan untuk kepentingan pajak." kata Mukhammad Misbakhun, di Jakarta, Kamis (12/7).

Menurut Misbakhun, DJP Kemenkeu sebagai lembaga yang mendapat amanah untuk melakukan pemungutan pajak hendaknya dilengkapi dengan big data identitas penduduk, seperti nama, alamat, pekerjaan, nomor telepon, NIK, KK, dan sebagainya, sehingga dapat memaksimalkan dalam pemungutan pajak.

"Namun, harapan tersebut belum terwujud," katanya.

Sebelumnya, Misbakhun yang menjadi pembicara pada seminar "Meningkatkan Kesadaran Pajak" di Jakarta, Rabu (11/7), menjelaskan, berdasarkan teori "welfare state" atau negara kesejahteraan, negeri yang paling makmur di dunia saat ini bukan Amerika Serikat (AS) tapi Denmark. 

"Namun Denmark menerapkan pajak tinggi hingga 65 persen," katanya.

Menurut politisi Partai Golkar tersebut, meskipun Denmark menerapkan pajak tinggi tapi ada yang bisa dicontoh dari Denmark yakni warga negaranya rela membayar 65 persen dari penghasilannya kepada negara.

"Di Denmark juga tidak ada masalah soal NPWP (nomor pokok wajib pajak) dan sebagainya," katanya.

Pada kesempatan tersebut, Misbakhun mengajak masyarakat, khususnya peserta seminar, untuk lebih sadar terhadap pajak dan mendukung DJP Kemenkeu menjadi lebih kuat, agar Indonesia makin kuat.[]

GolkarMukhamad MisbakhunDJP Kemenkeu

 

 

Baca Juga