Sabtu, 16 November 2019

 

 

Nasional Daerah

Probolinggo Targetkan Produksi 15 Juta Benih Ikan

Ahmad Fiqi Purba
Kamis, 12 Juli 2018 17:21 WIB

Probolinggo Targetkan Produksi 15 Juta Benih Ikan
Ilustrasi

SOKSINEWS.COM, Pemerintah Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, menargetkan produksi benih ikan sebanyak 15 juta ekor pada 2018, meningkat 2 juta ekor dibandingkan target pada 2017.

"Produksi dan target benih ikan di Probolinggo terus meningkat setiap tahun. Tahun lalu ditargetkan sebanyak 13 juta benih dan terealisasi dengan baik," kata Kasi Perbenihan dan Kesehatan Ikan Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo Suryana Nuring Perbawani di Probolinggo, Kamis (12/7).

Berdasarkan data, lanjut dia, produksi benih ikan di Probolinggo pada 2017 sebanyak 13.249.634 ekor dan jumlah tersebut melampaui target yang ditetapkan Dinas Perikanan sebanyak 13 juta ekor benih ikan.

Menurutnya, pihaknya konsisten dengan target 2 juta ekor per tahun untuk peningkatannya, sehingga Pemkab Probolinggo menetapkan target produksi benih ikan sebanyak 15 juta pada 2018 dari berbagai jenis ikan, mulai dari ikan konsumsi sampai ikan hias.

"Sejauh ini, realisasi produksi perbenihan ikan hingga Juni 2018 mencapai 8.259.590 ekor sehingga kami optimistis bahwa target produksi benih ikan tahun ini juga terealisasi dengan optimal," tuturnya.

Ia menjelaskan pemenuhan ikan di Probolinggo baik ikan konsumsi maupun ikan hias di pasar lokal telah mencukupi karena jumlah kebutuhan lokal lebih sedikit dibandingkan jumlah benih yang diproduksi.

"Kebutuhan benih lokal di Kabupaten Probolinggo tahun lalu sebanyak 9.202.200 ekor, sehingga seharusnya mencukupi. Namun, banyak pelaku pembenihan menjual benihnya ke luar daerah dan kadang-kadang pembudidaya ikan lokal untuk membesarkan ikan kesulitan mendapatkan benih," ujarnya.

Kabupaten Probolinggo memiliki 24-30 pelaku usaha pembenihan ikan yang tergabung dalam sebuah paguyuban pembenihan ikan, sehingga pihaknya berharap akan banyak pelaku usaha pembenihan ikan yang lahir di wilayah setempat.

"Usaha ini memiliki pasar yang jelas dan bagus dari sisi ekonomi. Selain itu, bidang usaha itu terbukti memberikan kesehjahteraan bagi pelaku usahanya," katanya.

Sejauh ini, lanjut dia, tidak ada sentra khusus pembenihan ikan di Probolinggo karena setiap wilayah hampir memiliki pelaku usaha pembenihan, namun sementara ini yang terbanyak di daerah Kecamatan Maron.[]

Berita Lainnya

Tahun Depan, Pemerintah Alokasikan Rp 11 Triliun Untuk Rumah Subsidi

SOKSINEWS.COM, Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk tahun 2020 telah mengalokasikan . . .

Nasional Sabtu, 16 November 2019

Kementan: Petani Milenial Harus Kuasa Teknologi 4.0

SOKSINEWS.COM, Kementerian Pertanian (Kementan) menyatakan para petani milenial di Indonesia harus mengikuti dan menguasai era . . .

Nasional Sabtu, 16 November 2019

Ketua MPR Tengok Cucu Ketiga Presiden Jokowi

SOKSINEWS.COM, Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menengok anak kedua Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda atau cucu ketiga . . .

Nasional Sabtu, 16 November 2019

KPK Mintai Keterangan Mantan Menteri Agama Dalam Proses Penyelidikan

SOKSINEWS.COM, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Jumat meminta keterangan mantan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam . . .

Nasional Jumat, 15 November 2019

PLN Kembangkan Objek Wisata Air Terjun Curup Buluh Tujuh Tingkat

SOKSINEWS.COM, PT PLN Wilayah Sumatera Selatan Jambi dan Bengkulu (WS2JB) membantu pengembangan objek wisata Air Terjun Curup . . .

Nasional Jumat, 15 November 2019