Minggu, 16 Juni 2019 -

 

 

Petani Tebu Asembagus Diminta Tidak Khawatir Tebunya Tidak Digiling

Nasional  -  Jumat, 13 Juli 2018, 13:32 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Sejumlah truk pengangkut tebu antri sebelum proses giling di Pabrik Gula Asembagus, Situbondo, Jawa Timur, Kamis 9 Juni 2016. Menurut Asosiasi Gula Indonesia, produksi gula nasional tahun ini turun menjadi 2,3 juta ton dari 2,49 juta ton tahun lalu a

SOKSINEWS.COM, Pabrik gula Asembagus, Situbondo, Jawa Timur tahun ini sedang melakukan revitalisasi atau penambahan kapasitas produksi tebu dari 3000 ton per hari menjadi 6000 ton per hari.

Kendati demikian, ketua DPRD Situbondo Bashori Sanhaji mengatakan, masyarakat jangan khawatir, seluruh tebu petani yang telah dipanen tetap dapat digiling.

"Saat menerima kunjungan kerja Komisi II DPRD Situbondo beberapa waktu lalu Direksi PT Perkebunan Nusantara XI memberikan sinyal bahwa panen tebu tahun ini semuanya tuntas tebang tepat waktu, dan semua tebu petani akan tergiling," katanya Bashori, di Situbondo, Jumat (13/7).

Direksi PTPN XI sudah memerintahkan jajaran pabrik gula (PG) di Situbondo, agar menampung tebu petani di wilayah PG Asembagus dan bahkan pengiriman tebu tersebut juga alan dilakukan ke PG Prajekan Kabupaten Bondowoso dan PG Probolinggo.

Dalam rencana awal penggilingan di PG Asembagus yang saat ini sedang direvitalasasi akan dimulai pada 27 Juli 2018, tetapi jika pada tanggal tersebut PG Asembagus belum bisa menggiling karena kendala teknis,akan ada solusi dari Direksi PTPN XI.

"Jadi, petani tidak perlu khawatir dengan belum beroperasinya PG Asembagus yang sedang proses revitalisasi, karena ada solusi lain untuk menggiling tebu petani di pabrik gula PTPN XI," tuturnya.[]
 

Petani TebuAsembagusSitubondoJawa Timur

 

 

Baca Juga