Rabu, 19 Desember 2018 -

 

 

Presiden Jokowi Intruksikan TNI Polri Jaga Sikap Netral Jelang Pemilu

Nasional  -  Selasa, 17 Juli 2018, 12:44 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Presiden Joko Widodo. ISTIMEWA

SOKSINEWS.COM, Presiden Joko Widodo menginstruksikan jajaran TNI dan Polri tetap bersikap netral guna menjaga kepercayaan masyarakat, terutama menjelang Pemilihan Umum Presiden dan pemilu anggota legislatif pada 2019.

"Dengan netralitas yang ditunjukkan oleh TNI dan Polri, masyarakat akan yakin bahwa TNI dan Polri benar-benar profesional dalam menjalankan tugasnya. Karena sekarang ini kepercayaan publik terhadap TNI berada dalam posisi tinggi," kata Jokowi saat memberikan pengarahan kepada 4.500 babinsa di Hanggar PT Dirgantara Indonesia, Kota Bandung, Selasa (17/7).

Dalam pengarahan terhadap ribuan babinsa, Jokowi mengapresiasi sikap yang ditujukan dua institusi tersebut, terutama dalam penyelenggaraan pilkada serentak pada tahun ini.

Menurut Presiden, pilkada pada tahun ini berjalan dengan situasi aman, damai, dan kondusif, salah satu faktornya berkat sikap netralitas yang ditujukan TNI dan Polri.

"TNI dan Polri bersikap netral sehingga dapat lebih mudah merangkul setiap elemen masyarakat dan menciptakan kerja sama dalam menjaga situasi agar tetap kondusif," katanya.

Presiden berharap kepercayaan yang telah terbangun di masyarakat terhadap TNI dan Polri harus tetap dipertahankan.

"Jangan sampai dirusak kepercayaan itu oleh tindakan-tindakan yang menjadikan masyarakat tidak percaya sehingga menurunkan kepercayaan. Kepercayaan itu kalau dinilai dengan uang enggak bisa dibeli, ini yang harus dijaga," katanya.

Ia juga meningatkan bahwa politik TNI adalah politik negara, bukan politik praktis. Artinya, seorang prajurit harus menunjukkan kesetiaan terhadap negara.

"Artinya, harus dipastikan demokrasi berjalan dengan lancar, aman, dan damai," tukasnya.[]

Joko WidodoTNI PolriPemilu 2019

 

 

Baca Juga