Rabu, 24 Oktober 2018 -

 

 

Bamsoet Tegaskan Indonesia Tidak Boleh Mundur Terkait Freeport

Nasional  -  Selasa, 17 Juli 2018, 13:00 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo. ISTIMEWA

SOKSINEWS.COM, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menegaskan bahwa Indonesia harus maju terus terkait dengan perundingan dengan Freeport guna mencapai kesepakatan yang menguntungkan bagi kepentingan nasional.

"Apa pun alasan dan tujuannya, Indonesia tidak boleh mundur setapak pun dari posisi HoA antara PT Inalum dengan Freeport McMoran yang ditandatangani pekan lalu itu," kata Bambang Soesatyo dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Pria yang karib disapa Bamsoet itu menegaskan bahwa kepentingan nasional tidak boleh dikorbankan, dan Amerika jangan sampai menjadikan PT Freeport Indonesia untuk menekan Indonesia.

Ia menyatakan bahwa Amerika sempat memberikan ultimatum ancaman perang dagang dengan Indonesia saat berlangsungnya proses negosiasi divestasi saham PT Freeport Indonesia mendekati tahap final.

Karena itu, ia mengingatkan bahwa tidak mudah memenangkan negosiasi yang sudah sampai ke tahap ini, karena Freeport McMoran selalu bersikeras mempertahankan posisi mayoritas kepemilikannya.

"Butuh waktu tiga setengah tahun untuk memenangkan negosiasi ini, bahkan diwarnai dengan beberapa tekanan dari AS," ujar politisi Partai Golkar tersebut.[]

Bambang SoesatyoFreeport

 

 

Baca Juga