Jumat, 22 November 2019

 

 

Nasional

Bamsoet Minta Pemerintah Serius Atasi Cyber Narcoterrorism

Ahmad Fiqi Purba
Jumat, 20 Juli 2018 09:11 WIB

Bamsoet Minta Pemerintah Serius Atasi Cyber Narcoterrorism
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo

SOKSINEWS.COM, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menyatakan waswas dengan kemunculan kelompok "cyber narcoterrorism" 

Kelompok itu diketahui memanfaatkan dunia maya sebagai media untuk memasarkan narkoba yang hasilnya digunakan untuk membiayai kegiatan terorisme.

"Hasil dari pemasaran narkoba tersebut disebut-sebut untuk membiayai kegiatan terorisme," kata Bambang Soesatyo, di Jakarta, Kamis (19/7).

Bambang Soesatyo yang akrab disapa Bamsoet mendesak Pemerintah segera bertindak untuk mengantisipasi bahaya "cyber narcoterrorism". 

"Harus ada tindakan pencegahan secara dini, karena hal itu dapat menjadi ancaman serius bagi bangsa Indonesia," katanya lagi.

Bamsoet menegaskan, upaya menangkal kelompok "cyber narcoterrorism" tidak bisa diserahkan kepada satu institusi saja, tapi harus dilakukan secara gabungan oleh beberapa institusi terkait.

Institusi tersebut meliputi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), TNI, Badan Intelijen Negara (BIN), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), serta Direktorat Cyber Crime Polri. 

"Gabungan institusi itu harus kompak mengantisipasi kelompok 'cyber narcoterrorism'," katanya pula.

Politisi Partai Golkar ini juga meminta masyarakat terutama pengguna media sosial untuk semakin waspada.

Menurutnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) harus mencegah para anak didik tersentuh kelompok "cyber narcoterrorism".

Bamsoet mengimbau pihak sekolah untuk memperhatikan lingkungan dan peserta didik, agar cerdas dalam menggunakan media sosial. "Saya juga meminta kepada orang tua siswa untuk selalu mengawasi perkembangan dan pergaulan anak-anaknya di lingkungan masing-masing," kata mantan Ketua Komisi III DPR RI ini pula.[]

Berita Lainnya

BBPOM Yogyakarta Musnahkan 125 Kilogram Obat Kedaluwarsa

SOKSINEWS.COM, Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Yogyakarta melakukan pemusnahan terhadap obat-obatan yang telah rusak . . .

Nasional Kamis, 21 November 2019

Menag Fachrul Razi Bakal Buka Dialog Soal Kasus First Travel

SOKSINEWS.COM, Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi menyatakan, pihaknya dalam waktu dekat akan membuka dialog untuk mencari jalan . . .

Nasional Kamis, 21 November 2019

Ketua DPRD Depok Minta Kasus Hepatitis A Ditangani Serius

SOKSINEWS.COM, Ketua DRPD Kota Depok TM Yusufsyah Putra meminta kepada Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan setempat untuk . . .

Nasional Kamis, 21 November 2019

Banyumas Terima Sertifikat WTP Dari Dirjen Perbendaharaan

SOKSINEWS.COM, Pemerintah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menerima sertifikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Direktorat . . .

Nasional Kamis, 21 November 2019

Kejaksaan Kapuas Hulu Musnahkan 4,5 Ton Batu Antimoni

SOKSINEWS.COM, Kejaksaan Negeri Kapuas Hulu memusnahkan barang bukti atas perkara kepabeanan terkait kasus penyelundupan batu . . .

Nasional Kamis, 21 November 2019