Senin, 20 Agustus 2018 -

 

 

Ratusan Keluarga di Pekalongan Mulai Kesulitan Air Bersih

Nasional  -  Senin, 23 Juli 2018, 13:40 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Ilustrasi

SOKSINEWS.COM, Musim kemarau yang relatif panjang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah mulai mengakibatkan sekitar 550 keluarga di Kecamatan Kesesi, terutama Desa Windurojo, kesulitan mendapatkan air bersih.

Kepala Desa Windurojo Hermani di Pekalongan, Senin (23/7) mengatakan bahwa setiap memasuki musim kemarau, warga setempat harus menghemat penggunaan air bersih untuk keperluan sehari-hari keluarga.

Pada umumnya, warga di sejumlah desa di Kecamatan Kesesi menghadapi krisis air bersih saat kemarau.

"Hampir satu bulan terakhir ini warga sudah mulai kesulitan mendapatkan air bersih sehingga mereka mencari sumber mata air ke lokasi yang relatif cukup jauh dari permukiman," katanya.

Dia menjelaskan saat musim kemarau hanya sumur yang memiliki kedalaman lebih dari 20 meter yang airnya masih bisa dimanfaatkan untuk keperluan memasak dan air minum.

Untuk keperluan mandi dan mencuci, kata dia, warga sekitar mengandalkan tiga sumber air di daerah setempat, seperti blok pancuran, sumur Sogo Salakan, dan blok sawah Sumar.

"Tiga sumber mata air berada sekitar satu kilometer dari permukiman penduduk. Sumber mata iar itu masih mengeluarkan air sehingga dimanfaatkan warga untuk mandi dan mencuci," katanya.

Ia mengatakan rencana pelaksanaan program penyedian air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (pamsismas) masuk desa pada 2018 sudah ditunggu masyarakat setempat karena hampir setiap tahun, saat kemarau, mereka kesulitan mendapatkan air bersih.

"Kami berharap program pamsismas segera direalisasikan sehingga warga nantinya tidak khawatir lagi akan kesulitan air bersih saat memasuki musim kemarau," katanya.

Seorang warga Desa Windurejo, Triyono, warga selama ini menghadapi kesulitan bersih saat kemarau karena banyak sumber air yang mengering.

"Saat musim kemarau, kita mandi saja harus antre karena sumber mata air yang masih mengalir banyak digunakan warga," katanya.[]

\

Pekalongan KemarauAir Bersih

 

 

Baca Juga