Sabtu, 14 Desember 2019

 

 

Nasional

Anies Baswedan Siapkan Pelican Crossing Gantikan JPO Bundaran HI

Ahmad Fiqi Purba
Selasa, 24 Juli 2018 09:33 WIB

Anies Baswedan Siapkan Pelican Crossing Gantikan JPO Bundaran HI
Seorang polisi sedang memperagakan cara menekan tombol alat bantu penyeberangan (pelican crossing). (ANTARA FOTO/Fadlansyah)

SOKSINEWS.COM, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan siapkan Pedestrian Light Control atau pelican crossing untuk pengganti sementara Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Bundaran Hotel Indonesia (HI).

"JPO di HI itu nanti akan dicopot. Untuk sementara akan disiapkan pelican crossing seperti ada di Merdeka Selatan. Dari Merdeka Selatan ke sisi utara itu ada 'pelican crossing' nanti akan dilakukan di sana," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Bawesdan di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (23/7).

Pemasangan pelican crossing sampai dengan jalur penyeberangan bawah tanah itu siap dilakukan, karena sekarang jalur penyeberangan bawah tanah belum siap, katanya.

"JPO itu diturunkan, satu alasan estetika juga. Bahwa patung Selamat Datang yang ada di Bundaran HI dibangun untuk menyambut peserta Asian Games tahun 1962. Sekarang kita kembalikan, patung itu kembali sebagai simbol sambutan," kata Gubernur.

Dan dari Jalan MH Thamrin ke Jalan Sudirman, keberadaan JPO itu telah menutup patung Selamat Datang sehingga tidak terlihat. Oleh karena itu, JPO tersebut akan dihilangkan, katanya.

"Dari situ nanti kita akan punya pandangan bebas hambatan ke sisi selatan.Kedua JPO itu tidak ramah dengan penyandang disabilitas. Bagi yang menyandang kursi roda atau berkebutuhan khusus, ibu yang mengandung dan orang tua," kata Gubernur.

Menurutnya dengan dipasang pelican crossing itu akan jauh lebih ramah dengan penyandang disabilitas. Itu dua alasan utama akan diturunkannya JPO di Bundaran HI.

"Ini akan dikerjakan minggu depan. Mudah-mudahan minggu depan sudah bisa selesai. Kalau berdasarkan pembicaraan saya dengan pimpinan MRT kemarin. Mereka membutuhkan waktu seminggu untuk melepas JPO itu. Setelah seminggu, Insya Allah dari Thamrin ke Sudirman sudah bebas hambatan pandangan,"kata Anies. []

Berita Lainnya

PPATK Dalami Rekening Kasino di Luar Negeri Milik Sejumlah Kepala Daerah

SOKSINEWS.COM, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) rupanya tengah menelusuri jejak-jejak transaksi keuangan . . .

Nasional Jumat, 13 Desember 2019

Sofyan Djalil Bagikan 3.025 Sertifikat Tanah di Kalsel

SOKSINEWS.COM, Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) membagikan 3.025 sertifikat tanah ke warga . . .

Nasional Jumat, 13 Desember 2019

Ditangkap, Buronan Kasus Narkoba Coba Suap Petugas Imigrasi Rp 2 Miliar!

SOKSINEWS.COM, Petugas Imigrasi yang bertugas di Bandara Kualanamu, Sumatera Utara menangkap seorang buronan kasus narkoba inisial . . .

Nasional Jumat, 13 Desember 2019

PA 212 Minta Kasus Sukmawati-Muwafiq Diproses, Akan Demo Lagi Jika Mangkrak

SOKSINEWS.COM, Massa aksi demonstrasi di Mabes Polri meminta polisi untuk melanjutkan proses hukum dari Sukmawati Soekarnoputri . . .

Nasional Jumat, 13 Desember 2019

Bamsoet: Wacana Lain Amandemen UUD 1945 di Luar GBHN Bukan dari MPR

SOKSINEWS.COM, Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menegaskan bahwa rencana amandemen UUD 1945 guna untuk menghadirkan pokok-pokok . . .

Nasional Jumat, 13 Desember 2019