Rabu, 14 November 2018 -

 

 

Jasa Raharja Riau Bantu 6 UMKM 110 Juta

Ekonomi  -  Kamis, 26 Juli 2018, 15:21 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Gedung Jasa Raharja

SOKSINEWS.COM,  PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Riau, menyalurkan kredit kemitraan Rp110 juta kepada enam pengusaha kecil dan menengah (UMKM) di daerah itu untuk mendukung peningkatan produktivitas usaha mereka.

"Kredit disalurkan sebagai bentuk tanggung jawab sosial korporasi terhadap lingkungan, Jasa Raharja turut berperan aktif dalam pemberdayaan masyarakat sekitar," kata Kepala PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Riau, Herry Kesuma, di Pekanbaru, Kamis (26/7).

Menurut Herry, kredit diberikan sesuai dengan Peraturan Menteri BUMN nomor PER-02/MBU/07/2017 tanggal 5 Juli 2017 tentang Program Kemitraan dan Program Bina Lingkungan Badan Usaha Milik Negara.

Ia mengatakan dalam Bab III Pasal 8 point 1a disebutkan setiap BUMN wajib menyisihkan laba bersih maksimum sebesar empat persen untuk program kemitraan dan bina lingkungan.

"Kredit berbunga tiga persen setahun itu perlu dengan tertib dan disiplin dikembalikan sebab program yang sama akan digulirkan lagi kepada mitra binaan lainnya. Karena itu setelah meraih untung pengusaha perlu menyisihkannya untuk ditabung agar angsuran kredit bisa dibayarkan tepat waktu," katanya, melansir dari Antara.

Dia mengingatkan pelaku UMKM yang memperoleh kredit tersebut agar melakukan usaha dengan jujur dan menggunakannya untuk hal-hal bermanfaat bagi pengembangan usaha.

Selain itu, katanya, pengusaha perlu melakukan berbagai inovasi agar usaha tersebut terus berkembang. Para mitra binaan juga akan mendapatkan pendidikan dan pelatihan serta mereka diinapkan di hotel.

Ia menekankan bahwa Jasa Raharja sebagai Badan Usaha Milik Negara yang mempunyai tugas utama menjalankan UU. No. 33 tahun 1964 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang dan UU. No. 34 tahun 1964 tentang Dana Kecelakaan Lalu lintas Jalan.

Sementara itu bantuan kredit kemitraan Rp110 juta yang disalurkan Jasa Raharja Cabang Riau itu untuk sektor jasa sebanyak 2 mitra yakni Rp40 juta, sektor perdagangan untuk 3 mitra sebesar Rp55 juta, dan sektor peternakan sebanyak 1 mitra sebesar Rp15 juta.

Ia merinci, pemilik usaha penangkaran ayam kampung Pekanbaru yakni Bambang Budi mendapat kredit Rp15 juta, Asnimar usaha perdagangan Rp15 juta, Sapardi usaha perdagangan Rp25 juta, Dedi Medianto usaha bisang jasa sebesar Rp30 juta, Silvera Savira usaha perdagangan Rp15 juta dan Doni usaha bidang jasa Rp10 juta.

Alokasi anggaran kemitraan untuk tahun 2018 tercatat sebesar Rp1,350 miliar sedangkan yang sudah disalurkan periode Januari-Mei 2018 sebesar Rp1,02 miliar untuk 53 mitra binaan (75,56 persen) dan pada Juli 2018 sebanyak 6 mitra binaan sebesar Rp110 juta. Penyaluran sampai dengan Juli 2018 adalah sebesar Rp1,130 miliar atau 83,70 persen dari alokasi Rp1,350 miliar untuk tahun 2018.

"Diharapkan dengan diserahkannya program-program kemitraan tersebut dapat memberdayakan masyarakat sekitar sebagai bagian dari stakeholders Jasa Raharja dalam meningkatkan taraf ekonomi dan menunjang aktivitas untuk bersosialisasi," katanya.[]

PT Jasa RaharjaRiauUMKM

 

 

Baca Juga