Senin, 20 Agustus 2018 -

 

 

Indonesia Kekurangan Guru PAI, Bamsoet: Sebaiknya Kemenag Benahi Sistem Perekrutan

Nasional  -  Jumat, 27 Juli 2018, 08:37 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Ilustrasi Guru Agama. Foto: ANTARA FOTO

SOKSINEWS.COM, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo merespons persoalan tentang kurangnya guru Pendidikan Agama Islam (PAI).

Bambang Soesatyo yang akrab disapa Bamsoet mengatakan hal itu di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Kamis (26/7), menanggapi data dari Dirjen Pendidikan Islam Kemenag yang menyebut saat ini masih terdapat kekurangan sekitar 26.000 guru PAI.

"Harus ada solusi untuk mengatasi persoalan itu. Sebaiknya, Kemenag melakukan pembenahan sistem perekrutan, seleksi, pendidikan dan pelatihan terhadap guru PAI," katanya.

Di sisi lain, kata dia, Kemendikbud juga bisa menggandeng pondok-pondok pesantren untuk menarik minat santri menjadi guru sehingga jumlah guru PAI dapat terpenuhi sesuai dengan kebutuhan serta memiliki kualitas terbaik.

Politikus Partai Golkar itu, menambahkan Kemenag dan Kemendikbud sebaiknya segera bekerja sama memetakan kebutuhan guru PAI.

Hasil dari pemetaan itu, kata dia, menjadi acuan dalam membuka jurusan atau program studi di perguruan tinggi untuk mencetak calon guru PAI.

"Agar menghasilkan guru PAI yang kompeten sesuai bidangnya," katanya.

Bamsoet juga mendorong Kemendikbud untuk meningkatkan pengawasan dalam menentukan kualitas dan kompetensi guru PAI sehingga guru PAI benar-benar kompeten dan profesional.[]

Bambang SoesatyoGuruPAI

 

 

Baca Juga