Selasa, 18 Desember 2018 -

 

 

Kemkominfo Upayakan Percepatan Pemulihan Telekomunikasi di Lombok

Teknologi  -  Selasa, 07 Agustus 2018, 09:50 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Ilustrasi Perbaikan Telekomunikasi

SOKSINEWS.COM, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengupayakan percepatan pemulihan telekomunikasi akibat gempa bumi 7 Skala Richter (SR) yang melanda Nusa Tenggara Barat pada Minggu (5/8) petang.

Plt Kepala Hubungan Masyarakat Kementerian Kominfo, Noor Iza, kepada Antara, Selasa (7/8) pagi menyampaikan, jumlah menara BTS yang terkendala akibat gempa telah berkurang.

Dari 945 BTS (12,7 persen dari total BTS di wilayah tersebut) yang terkendala pada Senin pagi, 329 BTS diantaranya telah dapat dipulihkan pada sore harinya sekitar pukul 18.00. Sehingga jumlah BTS yang terkendala masih tersisa 616 menara, atau tinggal 8,3 persen.

"Hal itu terjadi juga seiring dengan aktifnya kembali jaringan listrik PLN di kawasan kota," kata Noor Iza.

Sementara untuk akses daerah yang terisolasi, pemulihan BTS terkendala oleh ketiadaan pasokan listrik, karena pemakaian genset diutamakan untuk daerah vital dan simpul yang bisa menjangkau jaringan daerah lain.

Untuk itu, operator telekomunikasi juga mengupayakan penambahan genset dari luar Lombok untuk ditempatkan di lokasi prioritas di posko pengungsian dan layanan kesehatan.

"Kominfo dan tim operator terus bekerja di lapangan, semakin cepat terpulihkan semakin baik," katanya.[]

KemkominfoTelekomunikasiNTB

 

 

Baca Juga