Rabu, 21 November 2018 -

 

 

Dua Pembobol ATM Asal Malaysia Berhasil Diringkus di Tanjung Balai

Nasional  -  Senin, 20 Agustus 2018, 14:25 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Ilustrasi

SOKSINEWS.COM, Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Karimun, Kepulauan Riau meringkus dua warga negara Malaysia diduga pembobol ATM nasabah BNI setempat.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Karimun AKP Lulik Febyantara di Tanjung Balai Karimun, Senin (20/8) mengatakan, dua WN Malaysia itu masing-masing Tan Yeh Yong dan Yeap Eng Wai.

Keduanya ditangkap, Minggu (19/8) dini hari saat beraksi di ATM BNI di Swalayan Padimas yang berada di depan Hotel Aston Karimun City, tempatnya kedua tersangka menginap.

"Kedua tersangka pelaku kita tangkap setelah kita berkoordinasi dengan pihak BNI yang kita tindaklanjuti dengan melakukan pemantauan," katanya, seperti dilansir Antara.

Lulik Febyantara menjelaskan, upaya melacak keberadaan keduanya membuahkan hasil setelah pihak BNI mengecek sistem ATM untuk mendeteksi aktivitas ilegal.

Berdasarkan informasi dari BNI, kedua tersangka diketahui kembali membobol rekening nasabah melaui ATM BNI yang berlokasi di Swalayan Padimas yang letaknya masih satu komplek dengan Hotel Aston Karimun City.

Menurut dia, kedua tersangka diduga telah membobol ATM sejumlah nasabah BNI dengan modus "skimming", yaitu teknik pembobolan dengan mencuri data nasabah dalam ATM.

Saat ditangkap, kata dia, tim opsnal langsung menggeledah kamar hotel tempat keduanya menginap, dan menemukan sejumlah barang bukti, seperti kartu kosong atau "blank card" dan sejumlah uang tunai yang diduga hasil pembobolan terhadap rekening nasabah BNI di ATM Padimas.

"Kartu kosong atau 'blank card' diduga digunakan kedua tersangka untuk mencuri dan menyalin data dari Kartu ATM nasabah," ungkapnya.

Kedua tersangka, lanjut Lulik, mengaku telah membobol ATM sejumlah nasabah BNI.

"Kasus ini masih dalam pengembangan. Kami juga akan berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya untuk menyelidiki apakah keduanya merupakan bagian dari jaringan internasional," ucapnya.

Informasi dihimpun, pembobolan ATM dengan teknik skimming dilaporkan telah terjadi beberapa kali pada ATM BNI tertentu di Karimun.

Beberapa nasabah melapor ke BNI karena saldo tabungannya tiba-tiba kosong saat hendak menarik uang melalui ATM.[]

PolresKarimunRiau

 

 

Baca Juga