Sabtu, 07 Desember 2019

 

 

Nasional

Lacak Lokasi Pengguna, Google Digugat

Ahmad Fiqi Purba
Selasa, 21 Agustus 2018 09:39 WIB

Lacak Lokasi Pengguna, Google Digugat
Google. Foto: (Pixabay/Photo-Mix)

SOKSINEWS.COM, Google digugat ke pengadilan karena melacak pergerakan jutaan pengguna iPhone dan ponsel Android meski mereka sudah menggunakan setelan privasi untuk mencegah pelacakan.

Menurut surat gugatan yang dilayangkan pada Jumat (17/8), Google meyakinkan para pengguna bahwa lokasi mereka tidak akan dilacak jika mematikan fitur "Riwayat Lokasi" (Location History), tetapi raksasa Internet itu melanggar privasi dengan memonitor dan menyimpan data lokasi pengguna.

"Google menyatakan bahwa pengguna 'dapat mematikan Location History kapan saja. Dengan Riwayat Lokasi yang dinon-aktifkan, tempat-tempat yang Anda kunjungi tak akan disimpan.' Hal itu tidak benar," kata tuntutan yang dilayangkan ke pengadilan federal San Fransisco itu, seperti dikutip oleh Reuters.

Penggugat bernama Napoleon Patacsil asal San Diego mengajukan gugatan massal (class action) atas nama pengguna ponsel Android dan iPhones Apple di AS yang mematikan fitur pelacakan.

Dia menuntut kerugian akibat pelanggaran Google terhadap undang-undang privasi California dan penyusupan ke dalam urusan pribadi orang lain.

Pelacakan yang diduga dilakukan oleh Alphabet Inc yang berbasis di Mountain View, California, sebelumnya diberitakan oleh Associated Press (AP) pada 13 Agustus. AP mengatakan bahwa mereka mendapat konfirmasi dari sejumlah pakar komputer di Universitas Princeton tentang hal itu.

Belum ada respon dari Google maupun pengacara Patacsil tentang tuntutan tersebut.

Patacsil mengklaim Google secara tidak sah melacaknya di ponsel Android dan iPhone yang dipasangi beberapa aplikasi buatan Google.

Dia mengatakan "tujuan utama" Google adalah "memonitor secara diam-diam" ponsel pengguna dan membiarkan pihak ketiga melakukan hal yang sama.

Halaman bantuan di situs Google kini menyatakan bahwa mematikan fitur Riwayat Lokasi "tidak mempengaruhi layanan lokasi lainnya" di ponsel, dan bahwa data lokasi yang sama mungkin disimpan lewat layanan lain seperti Pencarian dan Peta.[]

Berita Lainnya

Sumber Masalah yang Menggerogoti PT PANN

SOKSINEWS.COM,  PT PANN tengah menjadi sorotan. Namanya tak pernah terdengar bertahun-tahun, tapi tiba-tiba diusulkan mendapatkan . . .

Nasional Kamis, 05 Desember 2019

Wapres Ma'ruf Amin Mengkritik Luhut, Jangan Gunakan Kantor Kementerian Untuk Bahas Urusan Parpol

SOKSINEWS.COM, Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengkritik penggunaan kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaaritiman dan Investasi . . .

Nasional Kamis, 05 Desember 2019

Bertemu Mahfud MD, Menteri BUMN Bahas Radikalisme

SOKSINEWS.COM, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir bertemu dengan Menko Polhukam Mahfud MD membahas tentang ancaman . . .

Nasional Kamis, 05 Desember 2019

Realisasi Inflasi Sulbar 1,20 Persen

SOKSINEWS.COM, Wakil Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) Enny Anggraeni Anwar mengatakan realisasi inflasi tercatat 1,20 persen di . . .

Nasional Kamis, 05 Desember 2019

Wamenkeu: Bonus Demografi Solusi Atasi Jebakan Pendapatan Menengah

SOKSINEWS.COM, Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengatakan bonus demografi Indonesia merupakan potensi besar sebagai salah . . .

Nasional Kamis, 05 Desember 2019