Senin, 11 November 2019

 

 

Nasional

Polda Metro Usulkan Pemprov DKI Tetap Berlakukan Ganjil-Genap Saat Asian Paragames

Ahmad Fiqi Purba
Kamis, 30 Agustus 2018 15:05 WIB

Polda Metro Usulkan Pemprov DKI Tetap Berlakukan Ganjil-Genap Saat Asian Paragames
Petugas Ditlantas Polda Metro Jaya memberhentikan mobil berplat nomor genap yang memasuki Jalan Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (1/8). Petugas kepolisian mulai memberlakukan penindakan berupa tilang terhadap pengendara mobil yang melanggar di kawasan p

SOKSINEWS.COM, Polda Metro Jaya mengusulkan kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk tetap memberlakukan aturan plat nomor ganjil-genap saat perhelatan Asian Paragames di Jakarta pada 8-16 Oktober 2018.

"Saya merekomendasikan (ganjil-genap) sampai Paragames selesai," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Yusuf di Jakarta Kamis (30/8).

Kombes Yusuf memperkirakan situasi dan kondisi kegiatan Asian Paragames di Jakarta tidak akan jauh berbeda dengan pelaksanaan Asian Games 2018 di Jakarta.

Terlebih menurut Yusuf, Pemprov DKI dan Polda Metro Jaya tidak perlu menyosialisasikan kembali penerapan perluasanan ganjil-genap saat Asian Paragames.

Lantaran para pemangku kepentingan hanya melanjutkan kebijakan dan regulasi ganjil-genap untuk membatasi volume kendaraan dan mengurangi kemacetan lalu lintas.

Yusuf menyatakan kepolisian hanya mengusulkan namun Pemprov DKI Jakarta yang memutuskan regulasi pembatasan kendaraan itu dilanjutkan atau tidak.

Berdasarkan evaluasi, perwira menengah polisi itu mengungkapkan pemberlakuan plat nomor kendaraan ganjil-genap meningkatkan kecepatan 20 km per jam hingga 30 km per jam dan jumlah pelanggaran semakin menurun.

"Msyarakat mulai beralih ke moda transportasi massal dibanding kendaraan pribadi," ujar Yusuf.

Asian Paragames merupakan pesta olahraga antanegara Asian yang diikuti peserta penyandang disabilitas.

Pemprov DKI Jakarta memberlakukan aturan ganjil-genap mulai per 1 Agustus 2018 hingga berakhir penyelenggaran Asian Games di Jakarta pada 2 September 2018.

Aturan perluasan kawasan kendaraan ganjil dan genap meliputi Jalan S Parman-Jalan Gatot Subroto-Jalan MT Haryono-Jalan DI Panjahitan-Jalan A Yani-Jalan Simpang Coca Cola atau Jalan Perintis Kemerdekaan Cempaka Putih.

Selanjutnya, Jalan Arteri Pondok Indah mulai Jalan Kartini-Kebayoran Baru, Jalan HR Rasuna Said Jakarta Selatan dan Jalan Bunyamin Sueb Kemayoran Jakarta Pusat. 

Awalnya, kebijakan ganjil-genap diberlakukan pada pukul 06.00 WIB-10.00 WIB dan pukul 16.00 WIB-20.00 WIB.

Namun, saat ini kebijakan ganjil dan genap akan diperpanjang waktunya sejak pukul 06.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB. Selain itu, pembatasan kendaraan ganjil dan genap akan diberlakukan pada setiap hari atau Senin hingga Minggu.[]

Berita Lainnya

Menhan Prabowo Optimis Indonesia Miliki Indhan Nasional Kuat

SOKSINEWS.COM, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sangat optimis Indonesia akan memiliki industri pertahanan (indhan) . . .

Nasional Senin, 11 November 2019

Kepala Daerah Tidak Perlu Berhenti Ketika Mencalonkan Diri

SOKSINEWS.COM,  Kepala daerah, yakni gubernur, bupati maupun wali kota tidak perlu berhenti ketika mencalonkan diri sebagai . . .

Nasional Senin, 11 November 2019

Gubernur Akui Malut Rawan Pencurian Ikan

SOKSINEWS.COM, Gubernur Maluku Utara (Malut) Abdul Gani Kasuba mengakui Malut masih sering terjadi kasus pencurian ikan yang diduga . . .

Nasional Senin, 11 November 2019

Polri: Tidak Ada Pengamanan Khusus Jelang Hut OPM

SOKSINEWS.COM, Kadiv Humas Polri Irjen Pol Mohammad Iqbal memastikan tidak ada pengamanan khusus jelang peringatan HUT Organisasi . . .

Nasional Senin, 11 November 2019

Jokowi Ingin Pemangkasan Eselon Dikaji Cermat

SOKSINEWS.COM, Presiden Joko Widodo ingin agar reformasi birokrasi termasuk di dalamnya pemangkasan eselon dikaji secara cermat . . .

Nasional Senin, 11 November 2019