Senin, 22 Oktober 2018 -

 

 

Kemensos Siapkan 2.000 Tiket APG 2018 Gratis Tiap Hari Untuk Disabilitas

Nasional  -  Rabu, 19 September 2018, 14:19 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Menteri Sosial RI, Agus Gumiwang Kartasasmita

SOKSINEWS.COM, Kementerian Sosial RI menyiapkan 2.000 hingga 3.000 tiket gratis setiap hari untuk menonton pertandingan Asian Para Games 2018 bagi penyandang disabilitas.

"Kami mobilisasi 2.000 sampai 3.000 tiket gratis per hari untuk para penyandang disabilitas mendukung saudara-saudara kita yang berlaga di Asian Para Games," kata Menteri Sosial RI, Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Rabu (19/9).

Lebih lanjut Mensos mengatakan, selain memobilisasi tiket gratis tersebut, Kemensos RI juga menyiapkan transportasi dan makan siang bagi penyandang disabilitas.

"Kita akan bekerja sama dengan balai dan komunitas disabilitas untuk distibusi tiket," kata Mensos disela-sela sosialisasi Asian Para Games 2018.

Menurut Mensos, upaya mobilisasi para penyandang disabilitas di Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, dan Tangerang agar mereka bisa menikmati dan memberikan semangat kepada teman-temannya yang sedang berkompetisi.

Kementerian Sosial RI mengawal penuh upaya untuk mendorong kesuksesan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Para Games yang ramah disabilitas.

Hal ini diamanatkan dalam Keputusan Presiden RI Nomor 2 Tahun 2016 tentang Panitia Nasional Penyelenggaraan Asian Para Games 201, pada Pasal 5 disebutkan bahwa Menteri Sosial merupakan anggota Panitia Pengarah dan merupakan Wakil Ketua I Panitia Penyelenggara Indonesia Asian Para Games 2018.

Kementerian Sosial RI bertugas memberikan pelatihan kepada koordinator volunter Asian Para Games, memfasilitasi penyediaan transportasi yang memenuhi persyaratan aksesibilitas untuk peserta Asian Para Games.

Kemudian melakukan sosialisasi kepada penyandang disabilitas panti sosial, lembaga kesejahteraan sosial (LKS), monitoring dan evaluasi pada fasilitas yang digunakan selama penyelenggaraan Asian Para Games 2018.

Juga memfasilitasi penyandang disabilitas yang akan menyaksikan pertandingan, serta membantu mengkoordinasikan Games Legacy Asian Para Games 2018 untuk menjadikan Indonesia sebagai negara ramah disabilitas.[]
 

MensosAgus GumiwangAsian Para Games 2018

 

 

Baca Juga