Jumat, 22 November 2019

 

 

Nasional

Ridwan Kamil Kutuk Tindakan Bobotoh Keroyok The Jak Mania Hingga Mati

Ahmad Fiqi Purba
Senin, 24 September 2018 11:12 WIB

Ridwan Kamil Kutuk Tindakan Bobotoh Keroyok The Jak Mania Hingga Mati
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

SOKSINEWS.COM, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengutuk tindakan oknum suporter Persib (Bobotoh) yang telah mengeroyok suporter Persija, Haringga Sirilla hingga tewas sebelum laga Persib vs Persija di Liga 1 2018 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Minggu (23/9).

"Saya sangat berduka cita atas meninggalnya suporter Persija atas nama Haringga Sirilla, warga Cengkareng tadi siang. Sangat kecewa dan menyesalkan tindakan biadab oknum Bobotoh yang menodai kemenangan tim Persib yang didapat dengan susah payah," tegas Kang Emil dalam unggahan di media sosial Instagram miliknya.

Ridwan mengunggah gambar tulisan "turut berduka cita" berwarna putih dengan latar berwarna hitam.

Gubernur Jabar itu meminta maaf kepada keluarga korban dan para pendukung Persija.

"Bagaimanapun, dalam situasi seperti ini, secara kemanusiaan, saya pribadi memohon maaf kepada keluarga korban dan rekan2 The Jak Persija," tulisnya.

Dia meminta kepolisian untuk menangkap dan menghukum para oknum yang telah melakukan tindak kekerasan berujung kematian itu.

"Semoga peristiwa ini menjadi pembelajaran untuk kita semua untuk tidak melakukan fanatisme berlebihan, karena merah putih dan Indonesia Raya kita masih sama. Bagi saya lebih baik tidak ada liga sepakbola jika harus mengorbankan nyawa manusia. Hapunten," demikian Kang Emil menutup keterangannya di Instagram.

Sejumlah warganet pun merespon cuitan dan unggahan para gubernur itu.

"Jangan ada lagi pertandingan Persija vs Persib di Jakarta atau Bandung. Buang ke luar Jawa, tanpa penonton!" demikian cuitan dari @ss_syahrilsidik mengomentari Anies.

Selain itu, sejumlah pendukung Persib juga mencela insiden yang dilakukan oleh oknum tersebut.

"Innalilahiwainailahirajiun turut berduka cita untuk korban, saya baru tau ini begitu sampai rumah buka 'ig' padahal tadi nonton ke stadion tapi baru tau klo ada kerusuhan seperti itu dan ada korban hingga meninggal, semoga pelaku diberi hukuman yang setimpal," demikian ujar @tiarard di kolom komentar unggahan Instagram Ridwan Kamil.

Insiden pengeroyokan terjadi saat laga Persib kontra Persija akan dilaksanakan di GBLA, Bandung.

Polisi juga sudah menahan 6 orang yang diduga terkait aksi pengeroyokan terhadap Haringga dan terus mendalami tindakan kriminal tersebut.[]

Berita Lainnya

BBPOM Yogyakarta Musnahkan 125 Kilogram Obat Kedaluwarsa

SOKSINEWS.COM, Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Yogyakarta melakukan pemusnahan terhadap obat-obatan yang telah rusak . . .

Nasional Kamis, 21 November 2019

Menag Fachrul Razi Bakal Buka Dialog Soal Kasus First Travel

SOKSINEWS.COM, Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi menyatakan, pihaknya dalam waktu dekat akan membuka dialog untuk mencari jalan . . .

Nasional Kamis, 21 November 2019

Ketua DPRD Depok Minta Kasus Hepatitis A Ditangani Serius

SOKSINEWS.COM, Ketua DRPD Kota Depok TM Yusufsyah Putra meminta kepada Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan setempat untuk . . .

Nasional Kamis, 21 November 2019

Banyumas Terima Sertifikat WTP Dari Dirjen Perbendaharaan

SOKSINEWS.COM, Pemerintah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menerima sertifikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Direktorat . . .

Nasional Kamis, 21 November 2019

Kejaksaan Kapuas Hulu Musnahkan 4,5 Ton Batu Antimoni

SOKSINEWS.COM, Kejaksaan Negeri Kapuas Hulu memusnahkan barang bukti atas perkara kepabeanan terkait kasus penyelundupan batu . . .

Nasional Kamis, 21 November 2019