Minggu, 21 Oktober 2018 -

 

 

Siapkan 100 Bus, Menhub Targetkan Perjalanan Atlet APG 30 Menit dari Soetta ke Kemayoran

Nasional  -  Selasa, 25 September 2018, 13:49 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan dan simulasi proses imigrasi atlet dan ofisial peserta Asian Para Games 2018 di Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng, Tangerang, Banten, Selasa (25/09/2018). (Antara/Imam Santoso)

SOKSINEWS.COM, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan durasi perjalanan atlet-atlet dan ofisial peserta Asian Para Games (APG) 2018 dari Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng, Tangerang Banten menuju wisma atlet di Kemayoran Jakarta Pusat mencapai 30 menit.

"Kami menyiapkan 100 bus untuk perjalanan para atlet sepanjang Asian Para Games selain tiga skenario perjalanan para atlet dan ofisial. Kami juga menyiapkan skenario jadwal kedatangan terpadat enam pesawat bersamaan," kata Menhub selepas meninjau kesiapan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta untuk menyambut atlet dan ofisial APG 2018 di Cengkareng, Tangerang, Banten, Selasa.

Menhub mengatakan skenario kedatangan terdapat dengan enam pesawat tiba secara bersama-sama dalam satu hari. Sementara, satu pesawat mengangkut 20 pengguna kursi roda dan menuju wisma atlet di Kemayoran.

"Skenario kami sama seperti ketika kesibukan Asian Games yaitu pemberlakuan ganjil-genap di beberapa ruas jalan, jalur khusus untuk kendaraan-kendaraan serta pengawalan terhadap kendaraan-kendaraan yang digunakan para atlet," kata Menhub.

Target perjalanan 30 menit dari Bandara Soekarno-Hatta menuju wisma atlet Kemayoran itu, menurut Menhub, juga harus didukung dengan antisipasi penanganan perawatan atlet dengan mobil ambulance.

"Angkasa Pura juga akan menyiapkan 20 orang sebagai tim khusus dalam kegiatan penyambutan itu selain para sukarelawan dari Panitia Penyelenggara Asian Para Games 2018 (INAPGOC)," katanya.

Menhub juga telah meminta data dari INAPGOC terkait kehadiran para atlet peserta APG 2018 seperti hari dan jam kedatangan masing-masing kontingen peserta, maskapai penerbangan yang dipakai masing-masing peserta, serta jumlah peserta pengguna kursi roda dari setiap pesawat yang tiba di Indonesia.

"Saya minta kepada komunitas Bandara Soekarno-Hatta untuk membuat standar proses kedatangan para peserta Asian Para Games berapa menit. Dari apa yang saya lihat dalam persiapan, proses akan lebih lancar dibanding kedatangan umum. Jika kedatangan umum sekitar 20 menit, para peserta Asian Para Games akan kurang dari 20 menit prosesnya," kata Menhub.

Ketua INAPGOC Raja Sapta Oktohari mengatakan dukungan dari Kementerian Perhubungan mencakup sebagian besar aspek transportasi penyelenggaraan Asian Para Games seperti di bandara, kendaraan, dan pengaturan lalu-lintas.

"Kami juga mendapatkan tambahan 100 mobil dengan kabin tinggi untuk mengangkut kursi-kursi roda. Kami hanya punya waktu sekitar sebulan untuk menyiapkan Asian Para Games setelah penutupan Asian Games," kata Okto.[]

MenhubBudi Karya SumadiAPGSoetta

 

 

Baca Juga