Kamis, 15 November 2018 -

 

 

Menkopolhukam Utamakan Pengadaan Listrik dan Distribusi BBM di Palu

Nasional  -  Selasa, 02 Oktober 2018, 16:14 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Menkopolhukam Wiranto memberi keterangan terkait perkembangan penanganan bencana alam gempa bumi dan tsunami yang melanda Palu dan Donggala, di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, Senin (1/10). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/nz/18.

SOKSINEWS.COM, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto menegaskan pemerintah mengutamakan pengadaan listrik dan distribusi bahan bakar minyak (BBM) di wilayah yang terdampak gempa di Sulawesi Tengah.

"Yang penting bagaimana listrik, bahan makanan dan minuman yang cukup, untuk listrik tadi dilaporkan Menteri BUMN dan Menteri ESDM sudah ada perbaikan gardu-gardu induk untuk listrik," kata Wiranto seusai menghadiri rapat terbatas mengenai Penanganan Dampak Gempa dan Tsunami di Palu dan Donggala di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (2/10).

Menurut Wiranto, saat ini sudah ada pengiriman generator set (genset) ukuran besar dengan kekuatan 500.000 watt untuk menopang beberapa fasilitas umum.

"Di RS juga sudah disiapkan genset-genset agar RS bisa beroperasi untuk merawat saudara-saudara kita. Gardu listrik di sana kondisinya 2 berfungsi dan 5 rusak berat maka kalau tidak bisa segera dioperasikan ada cadangan listrik kapal pembangkit listrik yang disewa dari Turki dan sekarang di Kupang dan bisa mencukupi kebutuhan masyarakat Palu," kata Wiranto.

Genset ukuran kecil, menurut WIranto, juga sudah dibagikan ke beberapa tempat pemukiman dan lokasi perawatan medis.

"Kemudian dilakukan normalisasi telepon seluar, (operator) Telkomsel, XL bersama-sama melakukan perbaikan instalasi mereka, diharapkan dengan berfungsinya sinyal komunikasi antarmasyarakat dan petugas bisa lebih lancar," ujar Wiranto.[]

MenkopolhukamWirantoGempaPalu

 

 

Baca Juga