Senin, 22 Oktober 2018 -

 

 

Labuan Bajo Siap Sambut Tamu IMF-WB

Nasional  -  Selasa, 09 Oktober 2018, 15:06 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Pantai Labuan Bajo

SOKSINEWS.COM, Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch Dula mengatakan, daerahnya siap menyambut kedatangan tamu peserta rapat tahunan dana moneter internasional (IMF) dan Bank Dunia (WB) setelah menjalani kegiatan di Bali pada Oktober 2018.

"Labuan Bajo sudah siap menyambut tamu IMF-WB yang sudah mendekati hari H ini," katanya lewat telepon, Selasa (9/10).

Ia mengatakan belum mengetahui secara pasti jumlah tamu yang akan berwisata ke Labuan Bajo dan Taman Nasional Komodo di Kabupaten Manggarai Barat, Pulau Flores, namun diperkirakan mencapai ribuan orang.

Pemerintah Manggarai Barat, lanjutnya, dengan dukungan penuh dari Pemerintah Pusat telah melakukan berbagai pembenahan infrastruktur pendukung untuk menyambut kunjungan tersebut.

Ia mencontohkan seperti pembangunan jalan, trotoar, dan lampu jalan dalam kota, air bersih, lokasi kuliner, dan lokasi pengelolaan sampah.

"Kemudian hotel-hotel yang selama ini beroperasi juga siap, ada lagi tambahan satu hotel bertaraf internasional yaitu Hotel Ayana yang sudah selesai dibangun dan sekarang beroperasi," katanya.

Menurutnya, jika kapasitas penginapan tidak bisa menampung semua tamu maka bisa menggunakan kapal pesiar (cruise) yang dibawa para delegasi dari Bali.

Agustinus berharap, kesiapan infrastruktur pendukung tersebut bisa memberikan kenyamanan bagi para tamu yang akan berwisata ke Labuan Bajo maupun di kawasan wisata Taman Nasional Komodo yang sudah mendunia.

Selain itu, ia juga meminta masyarakatnya agar berperan aktif mendukung kehadiran para tamu yang merupakan para pejabat tinggi dari berbagai negara dunia ini.

"Terutama kebersihan harus tetap dijaga, tidak membakar sembarangan, kemudian tetap ramah terhadap wisatawan yang datang," katanya.[]

IMF-WBManggarai BaratLabuan Bajo

 

 

Baca Juga