Minggu, 21 Oktober 2018 -

 

 

Kemenpan RB: Pengadaan CPNS Jaring SDM Berkualitas Kunci Pengembangan Birokrasi

Nasional  -  Selasa, 09 Oktober 2018, 16:13 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Ilustrasi

SOKSINEWS.COM, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) menjelaskan pengadaan CPNS untuk mendapatkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas menjadi kunci pengembangan birokrasi.

"Kita tahu negara maju dimana pun bisa maju antara lain karena birokrasi yang baik, efektif dan efisien dan mampu menelurkan kebijakan yang berkualitas dan mampu mengeksekusi dengan efektif dan efisien," kata Sekretaris Kementerian PAN RB Dwi Wahyu Atmaji saat Diskusi Leader's Talk di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta pada Selasa (9/10).

Menurut Dwi, dengan birokrasi yang baik tersebut maka Indonesia dapat mengejar ketertinggalannya dari negara-negara lain.

Dia menambahkan kebijakan yang berkualitas adalah kebijakan yang sesuai dengan zaman dan kebutuhan masyarakat.

Untuk mencapai birokrasi yang efektif dan efisien itu salah satu upayanya adalah dengan memiliki sumber daya manusia untuk ASN yang berkualitas.

"Pilar daripada manajemen ASN adalah implementasi dari sistem merit dimana berbagai kebijakan manajemen SDM kita didasarkan kepada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja," kata Dwi.

Pengadaan calon pegawai negeri sipil (CPNS), ujar Dwi, menjadi salah satu proses dasar penting untuk pengembangan birokrasi berkualitas kedepan.

"Kita harus benar-benar melakukan seleksi," kata Dwi menambahkan.

Dalam diskusi itu dibahas tentang proses rekrutmen CPNS 2018 bertopik ASN Profesional Bukan Hanya Mimpi.

Beberapa kementerian dan lembaga membuka pendaftaran untuk perekrutan ASN sejak 26 September hingga 15 Oktober 2018.

Sebanyak 238.015 formasi calon pegawai negeri sipil dibuka pada tahun 2018 dengan lokasi tes CPNS 2018 tersebar di 873 daerah di seluruh Indonesia.

Hingga pada Senin (8/10), total akun pelamar yang ikut seleksi CPNS berjumlah sekitar 3,725 juta orang.[]

Kemenpan RBCPNSBirokrasi

 

 

Baca Juga