Selasa, 11 Desember 2018 -

 

 

PB HMI Desak Polri Soroti Dalang Hoaks Buku Merah

Nasional  -  Jumat, 12 Oktober 2018, 11:04 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Sekretariat PB HMI. Foto: ISTIMEWA

SOKSINEWS.COM, Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam menyatakan bahwa menjelang Pemilihan Presiden tahun 2019 masyarakat harus waspada terhadap isu Hoaks yang berkembang di media masa maupun media sosial.

Pasalnya banyak isu yang dimunculkan untuk menyandera salah satu pihak yang dianggap berbeda kepentingan politik.

"Isu hoaks semakin kencang bertebaran di media meanstream dan media sosial. Saya harap masyarakat tidak mudah terpancing oleh isu hoaks yang berkembang secara masif ini," Kata Ketua Bidang Hukum dan HAM Muh Imam Taufiq mengatakan melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat (12/10).

Ia menegaskan bahwa demokrasi telah membuka ruang seluas-luasnya untuk masyarakat, agar bisa bergerak maju ke depan.

"ruang publik akan semakin baik jika kita mampu menjaga sistem demokrasi tetap sehat dan berkualitas, terutama dalam meyebarkan informasi,"lanjutnya.

Imam juga menyoroti terkait dengan berita hoaks buku merah yang melibatkan Kapolri Tito Karnavian sebagai salah satu contoh kasusnya.

"Buku merah yang dituduhkan terhadap pak Kapolri itu tidak ada bentuk fisiknya, hanya imajinasi segelintir orang saja, bagi saya ini Hoaks yang sangat dahsyat," paparnya.

Ia pun menduga bahwa ada sekelompok orang yang ingin mengadu KPK dengan Polri, yang biasa disebut cicak vs buaya.

"Sederhanya ini tahun politik, jangan kagetan dan mudah terprovokasi oleh pemberitaan media seperti indolesialeaks, saya yakin ini hoaks yang tidak dapat di pertanggung jawabkan, "ungkapnya.

Senada dengan Imam, Ketua Umum PB HMI Respiratori Saddam Al Jihad meminta agar KPK tidak terjebak dalam konflik antar institusi hukum di Indonesia.

"Saya harap KPK tidak mudah terjebak dan masuk dalam pusaran konflik yang diciptakan oleh pihak eksternal ini, "pungkas Saddam

Menurutnya, KPK adalah mitra dari Kepolisian, untuk itu kedua lembaga tersebut harus menjaga hubungan baik.

"KPK sebagai mitra Polri harus bekerja sama agar tetap harmonis kedepan, jangan lagi ada kegaduhan di internal lembaga hukum ini, "harapnya.[]

PB HMIRespiratori Saddam AljihadHoaks

 

 

Baca Juga