Minggu, 08 Desember 2019

 

 

Ekonomi

Percepat Pemulihan, Pertamina Kirim 5.040 Tabung Elpiji 3 KG ke Palu

Ahmad Fiqi Purba
Senin, 15 Oktober 2018 13:35 WIB

Percepat Pemulihan, Pertamina Kirim 5.040 Tabung Elpiji 3 KG ke Palu
Seorang anggota TNI membantu pengungsi yang akan membeli elpiji pada operasi pasar di Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (6/10). Operasi pasar elpiji pada sejumlah titik di Kota Palu itu guna mempermudah pengungsi untuk mendapatkan elpiji guna keperluan me

SOKSINEWS.COM, Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VI mengirimkan 5.040 tabung elpiji kemasan 3 kg ke Palu, Sulawesi Tengah.

"Kiriman ini untuk membantu mempercepat pemulihan Palu, Sigi, dan Donggala yang terdampak gempa dan tsunami," kata Manajer Regional Komunikasi dan CSR Pertamina Kalimantan Yudi Nugraha, Senin (15/10).

Dia mengatakan Pertamina MOR VI mengirimkan tabung-tabung itu dengan 9 truk, dan kemudian truk-truk itu dinaikkan ke kapal Landing Craft Tank (LCT).

Rombongan truk elpiji berangkat dari Pelabuhan Somber pada Jumat 12/10 dan tiba di Pelabuhan Pantoloan di Palu pada Minggu 14/10.

"Dengan begitu distribusinya akan lebih cepat lagi. Kita bisa langsung berangkat ke daerah yang membutuhkan," jelas Yudi.

Yudi juga menjelaskan bahwa pasokan elpiji 3 kg tersebut juga untuk memberi ketenangan kepada masyarakat bahwa pasokan gas sebagai satu kebutuhan pokok sudah lancar kembali seperti sedia kala.

Sebelumnya Pertamina dari Balikpapan sudah mengirimkan 750 tabung elpiji kemasan tabung 5,5 kg dan 12 kg. Pertamina juga sudah memulihkan kembali operasional keempat Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji (SPBBE) di Palu.

SPPBE Muhsans Putra Arba Mandiri, SPPBE Prima Sentosa Alam Lestari, SPPBE Gema Palu, dan SPPBE Putra Argam sudah kembali mengisi tabung kosong dan menyalurkan tabung-tabung yang sudah diisi pulang ke Palu, Donggala, Sigi, termasuk juga Parigi Moutong, dan Poso.

Karena lokasinya yang relatif dekat karena kemudahan akses ke Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Selatan, namun cukup aman dari pengaruh gempa, Balikpapan dijadikan pusat pengiriman bantuan ke Palu.

Pemerintah juga menjadikan Balikpapan dengan Bandara Sepinggan sebagai pusat penerimaan bantuan dari luar negeri, dan juga pusat pengiriman ke Palu. Pelabuhan-pelabuhan di Balikpapan juga menjadi tempat sejumlah kapal pengirim bantuan bertolak ke Palu.[]

Berita Lainnya

Wamenlu: Perusahan AS Berkomitmen Investasi Lebih Besar di RI

SOKSINEWS.COM, Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar mengungkapkan bahwa sejumlah perusahaan Amerika Serikat yang beroperasi . . .

Ekonomi Kamis, 05 Desember 2019

BI Dorong Hilirisasi Rumput Laut Tingkatkan Daya Saing Ekspor

SOKSINEWS.COM, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Selatan (KPw BI Sulsel)  mendorong program hilirisasi rumput laut . . .

Ekonomi Kamis, 05 Desember 2019

OJK Imbau Masyarakat Sulut Waspadai Investasi Bodong

SOKSINEWS.COM, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulawesi Utara, Gorontalo, dan Maluku Utara Slamet Wibowo mengimbau seluruh . . .

Ekonomi Kamis, 05 Desember 2019

Presiden Harap Pengusaha AS Optimalkan Peluang Bisnis di RI

SOKSINEWS.COM, Presiden Joko Widodo berharap para pengusaha Amerika Serikat mengoptimalkan peluang bisnis di negara-negara ASEAN . . .

Ekonomi Kamis, 05 Desember 2019

Mobile Banking Bank Nagari Permudah Nasabah Monitor Rekening

SOKSINEWS.COM, Layanan Mobile Banking dari PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sumatera Barat dapat dimanfaatkan oleh para nasabah . . .

Ekonomi Rabu, 04 Desember 2019