Rabu, 14 November 2018 -

 

 

Gubernur Dorong Peningkatan Produksi Kopi Petani Lampung

Ekonomi  -  Kamis, 18 Oktober 2018, 10:32 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Pekerja memindahkan biji kopi yang baru disangrai di pabrik penggilingan kopi 'Sendok Mas' di Plaju Palembang, Sumsel, Senin (15/10). Pabrik berskala rumah tangga ini mampu mengolah kopi kualitas terbaik untuk memenuhi kebutuhan kopi lokal di Sumsel

SOKSINEWS.COM, Gubernur Lampung M Ridho Ficardo mengeluarkan Surat Edaran nomor 046.2/2123/4.22/ 2018 tentang Penggunaan Produk Kopi Lampung

"Surat Edaran atau SE ini bertujuan mendorong dan meningkatkan produksi kopi petani serta mengembangkan petani kopi robusta di Provinsi Lampung," ujar Kepala Perkebunan dan Peternakan Provinsi Lampung, Dessy Desmaniar Romas, di Bandarlampung, Kamis (18/10).

Menurutnya, dengan adanya Surat Edaran tersebut, Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Lampung menginstruksikan kepada semua instansi pemerintah provinsi, kabupaten/kota, perhotelan, restoran, penyelenggaraan pertemuan, rapat dan lainnya untuk menyajikan kopi robusta.

Selain itu, dengan para tamu mengonsumsi kopi robusta yang ada di Provinsi Lampung baik di hotel atau acara pertemuan, berarti para tamu dapat menikmati kopi khas Lampung.

"Dengan ini bisa menambah penghasilan petani kopi," katanya.

Lampung merupakan salah satu penghasil kopi terbesar di Indonesia, karena ditunjang beberapa kabupaten dengan penghasil kopi tertinggi seperti Lampung Barat, Tanggamus, Lampung Timur dan Waykanan.

Bukan hanya di dalam negeri saja, tetapi seluruh dunia telah mengakui keunggulan kopi robusta lampung dengab khas wangi, aroma dan cita rasa yang khas.

"Orang luar negeri aja cinta dengan produk kopi robusta lampung, kita sebagai orang Lampung harus bisa mencintai kopi robusta lampung tersebut," katanya.

Dessy mengharapkan dengan adanya SE itu konsumsi kopi robusta petani lebih meningkat sehingga mendongkrak pendapatan petani kopi.

"Ayo kita bersama-sama mrningkatkan kecintaan kita untuk mengkonsumsi kopi di dalam negeri," pungkasnya.[]

GubernurLampungM Ridho FicardoKopiSurat Edaran

 

 

Baca Juga